Kurangi Emisi Karbon, Heru Budi Tanam Ribuan Pohon di Kolong Tol Becakayu

- Jumat, 28 April 2023 | 15:45 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon di kolong Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jalan Laksamana Malahayati Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon di kolong Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jalan Laksamana Malahayati Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur)

Pemprov DKI Jakarta mencanangkan aksi penanaman 1.000 pohon bersinergi dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) di kolong tol Becakayu. Aksi ini dilakukan untuk meningkatkan Ruang Terbuka Hijau sebagai aksi dukungan mengurangi emisi karbon hingga Net Zero Emission (NZE) 2060.

"Terima kasih kepada Antam yang telah membantu Jakarta dengan program penanaman ini, termasuk pemberian bibit pohon, di antaranya ada pohon buah dan berbagai jenis lain yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, serta lingkungan," kata Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono selepas menanam jambu kristal dan jeruk lemon di kolong tol Becakayu, Jumat (28/4/2023).

Heru mengatakan, lahan kolong tol Becakayu dan sekitarnya yang meliputi beberapa kelurahan, masih memungkinkan untuk dilakukan penanaman. Masyarakat dapat memilih jenis tanaman sesuai dengan karakteristik lokasi di wilayahnya.

Heru juga memastikan kegiatan penanaman pohon akan terus berlanjut di berbagai wilayah DKI Jakarta. Jajaran Pemprov DKI berdiskusi untuk menetapkan lokasi-lokasinya dan melakukan monitoring kegiatan tersebut secara rutin dan berkelanjutan.

Baca Juga: Gen Z si Paling Paham Lingkungan Sekitar yang Rendah Karbon

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menjelaskan, kolong tol Becakayu merupakan lahan potensial untuk dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman. Hal ini mengingat lokasinya yang berdekatan dengan sumber air dan cukup sinar matahari. Terbukti beberapa tanaman sayuran yang ditanam beberapa bulan lalu saat ini sudah bisa dipanen dan hasilnya dinikmati masyarakat yang mengelola.

"Penanaman bersama dengan Antam ini difokuskan pada tanaman produktif yang memiliki perakaran dangkal, tidak terlalu tinggi dan cepat panen sehingga dapat segera dinikmati hasilnya oleh masyarakat," jelasnya.

Adapun tanaman dari Antam berjumlah 1.000 pohon dengan rincian, sebanyak 600 pohon yang telah ditanam di lahan kolong tol Becakayu dan 400 pohon ditanam pada hari ini. Tanaman tersebut terdiri dari tanaman buah, tanaman hias, tanaman sayuran, dan tanaman pelindung.

Baca Juga: Kurangi Emisi Karbon, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Pemadaman Listrik Akhir Pekan Ini

Pada acara ini ditanam juga 209 pohon pelindung yang berasal dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta. Selain itu, hingga saat ini, DKPKP DKI Jakarta telah menanam sejumlah 5.565 pohon, yang terdiri dari tanaman buah, tanaman obat, cabai, dan tanaman sayuran lainnya di lahan kolong tol Becakayu.

Selanjutnya, Direktur Operasi dan Produksi Antam, I Dewa Wirantaya menyatakan, sinergi yang dilakukan bersama dengan Pemprov DKI Jakarta ini adalah wujud dari komitmen perusahaan untuk mendukung tercapainya NZE 2060.

"Antam sebagai korporasi memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Dalam upaya mewujudkan NZE, kami memiliki target untuk mengurangi 2% net zero emission carbon setiap tahunnya. Untuk itu, Antam bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu upaya mencapai target tersebut," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X