SBY Berharap Perpolitikan Indonesia Semakin Guyub

- Selasa, 10 September 2019 | 09:30 WIB
 ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Presiden Republik Indonesia (RI) keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar perpolitikan di Indonesia semakin guyub. Hal itu disampaikan SBY saat membacakan Pidato Kontemplasi di kediamannya, Puri Cikeas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (9/9) malam.

"Ke depan, politik kita harus makin menjadi politik yang baik Bagi bangsa yang majemuk, Yang juga menganut sistem demokrasi multi partai, politik kita harus makin guyub, makin inklusif, dan makin teduh," ujarnya di hadapan para tamu undangan peringatan hari ulang tahun SBY ke-70 dan hari jadi Partai Demokrat ke-18.

Menurut SBY, demokrasi tidak harus selalu diwarnai dan diselesaikan dengan 'one person one vote', melainkan juga ada semangat yang lain. Seperti halnya kompromi dan konsensus yang adil serta membangun.

"Prinsip the winner take all yang ekstrim, seringkali tidak cocok dengan semangat kekeluargaan dan keterwakilan bagi masyarakat dan bangsa yang majemuk," kata Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Pasalnya, belakangan ini menurutnya terjadi fenomena permusuhan antar komponen bangsa. Ia menganggap, hal itu merupakan arus buruk, serta membahayakan masyarakat dan kelangsungan bangsa.

"Tahun-tahun terakhir ini, kasih sayang dan rasa persaudaraan ini melemah. Sementara kebencian, jarak dan permusuhan di antara komponen bangsa yang berbeda identitas menguat. Ini lampu kuning," ujarnya.

SBY mengatakan semua pihak harus mengambil tanggung jawab untuk menghentikan dan membalikkan fenomena dan arus yang salah. Sehingga, bisa mengembalikan ke arah yang benar.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X