Sosok Sandi, Petugas Damkar Depok yang Bongkar Korupsi di Dinasnya, Kini Terancam

- Rabu, 14 April 2021 | 19:08 WIB
Sandi, petugas pemadam kebakaran Depok yang berani bongkar korupsi di dinasnya. (Facebook)
Sandi, petugas pemadam kebakaran Depok yang berani bongkar korupsi di dinasnya. (Facebook)

Petugas pemadam kebakaran Kota Depok bernama Sandi, baru-baru ini mencuri perhatian publik setelah berunjukrasa seorang diri di Balai Kota Depok.

Sandi membawa poster bertuliskan: 

'Bapak Kemendagri Tolong!!! Untuk tindak tegas pejabat di Dinas Pemadam Kebakaran Depok. Kita dituntut kerja 100%, tapi peralatan di lapangan pembeliannya tidak 100%. Banyak digelapkan!!!'

Pada poster yang lain, dia menulis:

'Pak Presiden Jokowi, Tolong usut tindak pidana korupsi dinas pemadam kebakaran Depok #stopkorupsidamkar'

Tak ayal, apa yang disuarakan Sandi itu membuat publik menaruh dukungan padanya. 

Menurut Sandi, dugaan korupsi yang ia maksud adalah peralatan dan pakaian petugas yang dibelanjakan, tidak sesuai standar keselamatan kerja. Hal itu bahkan terjadi sejak tahun 2018.

"Apakah bapak merasakan batin kami, perasaan kami di lapangan? Bapak tidak merasakan. Saya mohon jangan intimidasi teman saya. Kalau ada komplain dari warga, kami juga yang merasakan," ujar Sandi.

Tidak cuma soal pakaian, Sandi juga membongkar dugaan korupsi insentif mitigasi dan penyemprotan disinfektan, di mana seharusnya, kata Sandi, setiap petugas mendapatkan Rp1,7 juta, namun yang mereka terima hanya Rp850 ribu.

Akan tetapi, nasih pekerjaan Sandi kini justru berada di ujung tanduk. Ia terancam dipecat, setelah disuruh mengundurkan diri dan diberi surat peringatan (SP).

Tak cuma itu, ia juga mendapat intimidasi dan ancaman dari banyak pihak.

Mirisnya lagi, bukan cuma Sandi seorang yang diancam. Rekan-rekannya sesama pemadam kebakaran, ujung tombak keselamatan orang, juga ikut diancam oleh atasannya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X