Fenomena Cross Hijaber Resahkan Kaum Wanita
Ilustrasi. (Pixabay/andreas160578)
News

Fenomena Cross Hijaber Resahkan Kaum Wanita

Yulia Marianti
Senin, 14 Oktober 2019 08:50 WIB 14 Oktober 2019, 08:50 WIB

INDOZONE.ID - Dunia maya digemparkan mengenai cross hijaber. Cross hijaber adalah pria yang berpenampilan seperti wanita dengan menggunakan hijab, bahkan bergaya ala hijab syar'i serta cadar.

Istilah cross hijaber diambil dari cross dressing. Cross dressing atau berlintas busana merupakan sebuah tindakan memakai busana atau aksesori dari gender yang berbeda.

Cross dressing sendiri sudah dipraktikkan sejak lama oleh berbagai tradisi masyarakat di seluruh dunia, mulai dari Yunani, Norwegia, dan Asia.

Namun, istilah cross hijaber yang meramaikan publik di Indonesia ini, membuat kaum wanita harus lebih waspada. Sebab pelaku cross hijaber berani masuk ke area-area khusus wanita, seperti masjid, kamar mandi, dan area lain.

Cross hijaber jadi sensasi setelah akun Twitter @lnfinityslut mengunggah thread tentang keberadaan komunitas tersebut. Thread yang dibagikan berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan 24 ribu Retweet dan 16 ribu Like.

Dalam akun Twitter @lnfinityslut, ia membagikan Instagram (IG) Story milik akun yang diduga kuat merupakan seorang cross hijaber.

cross hijaber
(Twitter/@lnfinityslut)

IG Story tersebut membagikan tips agar percaya diri menjadi seorang cder atau (sebutan bagi cross dressing atau cross hijaber).

"Jadi gini, kalau aku pribadi kenapa harus takut? kenapa harus ragu? kalau kalian masih takut atau ragu, mendingan udahan deh nerusin hobby jadi cder. Sebenarnya berani iu bukan modal yang utama. Modal yang paling penting itu niat," ungkap cder.

"Satu prinsip aku, kalau kita pede sama dandanan kita, berarti gak ada yang harus ditakutin lagi. Yakin aja kalau kita itu cewek, karena kalau kalian sendiri udah pede sama outfit, orang lain juga ngira kamu cewek," tambahnya.

Sementara itu, banyak netizen perempuan mengutuk aksi crosshijaber karena keberadaan pelaku yang berani masuk ke area khusus wanita.

"Aku sama sekali ga masalah sama cross dresser selama itu bukan keluargaku. tapi... kalo sampai mereka masuk arena cewek, apalagi di masjid, itu cewe tulen klo pegang crossdresser wudhunya batal tapi mereka gatau woey???? lakukan kesukaan kalian (crossdresser) tnp merugikan orlain," tulis @misscapucinno.

"Iya tanda2 hari kiamat sudah bermunculan..bertobat ya Allah. Ya Allah ampuni dosa hamba2mu yang tak tahu dan tak mau sadar akan perbuatannya yang salah..Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin..," tulis @IchzaApriliya.

Kini sejumlah akun cross hijaber sudah dikunci dan tidak ada foto profilnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU