Tak Lagi berkumis, Zainudin Amali Jadi Menpora Baru

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 10:05 WIB
Politisi Partai Golkar, Zainudin Amali jadi Menpora. (Antara Foto/Puspa Perwitasari)
Politisi Partai Golkar, Zainudin Amali jadi Menpora. (Antara Foto/Puspa Perwitasari)

Terjawab sudah siapa yang akhirnya ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru menggantikan Imam Nahrawi.

Dia adalah Zainudin Amali seorang politisi senior asal Golkar kelahiran Gorontalo, 16 Maret 1962 yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menpora baru untuk periode 2019-2024.

Penunjukan Zainudin Amali sebenarnya mengejutkan banyak pihak, kendati tidak banyak memiliki latar belakang di bidang olahraga, namun ia memiliki andil dalam pembentukan Liga Mahasiswa dan berpengalaman di organisasi kepemudaan.

Sebagai anggota DPR RI, Zainudin pernah meminta kepada Kementerian Sekretariat Negara, PPK Gelora Bung Karno, dan PPK Kemayoran untuk mengelola dan merawat venue Asian Games agar dapat menghasilkan pendapatan bagi negara.

Sebagai Menpora baru, Zainudin Amali langsung diberi tugas berat oleh Presiden Jokowi diantaranya mengawal SEA Games 2019, PON 2020, Olimpiade 2020, MotoGP 2021, Asian Games 2022 hingga Piala Dunia Basket 2023.

"Zainudin Amali sebagai Menpora, politisi senior, pengalaman di organisasi kepemudaan. Bertugas di kewirausahaan pemuda, sport industry & sport tourism, RUU sistem keolahragaan nasional dan perbaiki peringkat SEA Games," kata Jokowi.

Uniknya Zainudin Amali merupakan seorang Menpora yang tidak berkumis sejak Menpora dijabat oleh Adhyaksa Dault pada 2004, Andi Mallarangeng pada 2009, Roy Suryo pada 2013 hingga Imam Nahrawi pada 2014.

Artikel Menarik Lainnya:

Johnny G Plate Resmi Gantikan Rudiantara Sebagai Menkominfo

Sah! Prabowo Subianto Resmi Jadi Menteri Pertahanan

Ini Alasan Kenapa Perempuan Lebih Tertarik dengan Pria Misterius

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X