Sah! Prabowo Subianto Resmi Jadi Menteri Pertahanan

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 09:40 WIB
Antara/Wahyu Putro A
Antara/Wahyu Putro A

Nama Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi di Kompleks Istana Presiden, Rabu pagi (23/10).

Sebelumnya, pada Senin (21/10) lalu, Prabowo sempat mendatangi Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Prabowo mengaku diminta Jokowi untuk mengisi posisi Menteri Pertahanan.

Kedatangan Prabowo ke Istana menjadi kejutan lantaran mantan Danjen Kopassus itu merupakan rival Jokowi dalam dua kali Pemilu Presiden (Pilpres) yaitu di tahun 2014 dan 2019.

Prabowo sendiri memulai karir politiknya saat ia gagal mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Tahun 2008, ia kemudian membentuk Partai Gerindra dan hingga saat ini Prabowo masih menjadi Ketua Dewan Pembina.

Pada Pilpres 2009, Prabowo juga sempat maju menjadi calon wakil presiden bersama Megawati Soekarnoputri. Namun, pasangan yang dijuluki Mega-Pro itu kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.

Kemudian, di Pilpres 2014 dan 2019, Prabowo maju sebagai capres menghadapi Jokowi. Namun, ia kalah dari pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Pilpres 2019 ini, kembali mencalonkan diri menjadi presiden berpasangan dengan Sandiaga Uno. Ia kembali bersaing dengan Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, Prabowo masih belum berhasil memenangkan Pilpres.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X