Singapura Tutup Akses WN Tiongkok Masuk per 1 Februari 2020

- Jumat, 31 Januari 2020 | 22:55 WIB
Menteri Komunikasi dan Informasi S. Iswaran dan Menteri Pembangunan Nasional Lawrence Wong saat konferensi pers pada 31 Januari 2020. (STRAITSTIMES/CHONG JUN LIANG)
Menteri Komunikasi dan Informasi S. Iswaran dan Menteri Pembangunan Nasional Lawrence Wong saat konferensi pers pada 31 Januari 2020. (STRAITSTIMES/CHONG JUN LIANG)

Semua wisatawan asing yang tiba dari daratan Tiongkok dalam dua pekan terakhir akan dilarang masuk atau transit di Singapura.

Aturan pemerintah Singapura membatasi akses kunjungan pemegang paspor Tiongkok akan dimulai pada pukul 11.59 malam waktu setempat pada hari Sabtu (1 Februari).

Mengutip Straitstimes, Jumat (31/1/2020), siapa pun yang memiliki paspor Tiongkok, selain dari warga tetap Singapura dan mereka yang memiliki izin jangka panjang, juga tidak akan diizinkan masuk ke Singapura.

Namun, pemegang paspor Tiongkok yang bisa menunjukkan bahwa mereka belum pernah ke Tiongkok baru-baru ini, masih bisa diizinkan masuk, tapi ini juga tergantung dan dipelajari berdasarkan kasus per kasus.

Mengenai keputusan ini, Departemen Kesehatan di Singapura (MOH) menjelaskan akan adanya satu warga Singapura yang positif terinfeksi virus korona dari Wuhan.

Wanita berusia 47 tahun itu adalah salah satu warga Singapura yang dievakuasi dari Wuhan, Kamis (31/1/2020). Dia tidak menunjukkan gejala apa pun ketika naik pesawat, kata kementerian itu pada Jumat malam.

Ketika dia tiba di Bandara Changi, dia ditemukan mengalami demam selama pemeriksaan medis, dan dibawa ke Pusat Nasional Penyakit Menular untuk diperiksa lebih lanjut.

Dia dinyatakan positif terkena infeksi virus korona hari Jumat ini sekitar pukul 14:00. Dia saat ini ditahan di ruang isolasi.

"Di atas semua yang telah kami lakukan selama beberapa hari terakhir, (ini) akan memungkinkan kami membatasi jumlah kasus (kedatangan orang) baru di sini demi mengurangi risiko penyebaran virus korona kepada masyarakat di Singapura," katanya dalam konferensi pers, Jumat (31/1/2020) seru Menteri Pembangunan Nasional, Lawrence Wong

"Situasinya terus berubah, dan kami tidak mengesampingkan mengambil tindakan lebih lanjut," tambah Wong, yang juga menjadi Kepala Satgas multi-kementerian yang menangani penyebaran virus Wuhan di Singapura.

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X