Jokowi Optimistis Bandung Bebas Banjir Usai 2020

- Rabu, 29 Januari 2020 | 15:14 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peresmian Terowongan Air Nanjung Rabu (29/1/2020). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)\
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peresmian Terowongan Air Nanjung Rabu (29/1/2020). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)\

Presiden Joko Widodo optimistis kawasan Bandung bebas banjir setelah 2020. Jokowi percaya diri karena infrastruktur baru, yakni Terowongan Nanjung selesai dibangun. 

Alhamdulillah pembangunan Terowongan Nanjung yang merupakan kajian dari sistem pengendali banjir di cekungan, di Bandung telah selesai dan segera akan kita resmikan,” kata Jokowi ketika meresmikan Terowongan Nanjung, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Jokowi mengatakan, sistem pengendali banjir di cekungan ini terdiri dari banyak pekerjaan besarnya, yaitu normalisasi di hulu sungai, pembangunan embung di Gedebage, pembangunan kolam retensi di Cieunteung, pembangunan flood way di Cisangkuy, dan yang menjadi lokasi sekarang adalah pembangunan Terowongan Nanjung.

"Kita harapkan masih ada satu-dua yang ingin kita selesaikan pada tahun ini, yang menjadi PR, yaitu sodetan. Satu sodetan dan satu kolam retensi. Kalau ini sudah bisa diselesaikan, insya Allah nanti setelah 2020 banjir-banjir yang dulunya selalu terjadi di cekungan Bandung, bisa insya Allah tidak terjadi pada tahun-tahun setelah 2020," ujar Jokowi. 

Jokowi menyebutkan laporan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tahun ini genangan banjir surut sangat drastis di Bandung. 

”Ini juga turunnya sangat drastis sekali dan kalau tadi sodetan dan kolam retensi nanti selesai, insya Allah kita akan bisa selesaikan (banjir), terutama yang di hulu," tutur Jokowi. 

Jokowi juga berpesan agar pihak terkait melakukan rehabilitasi lahan berupa reboisasi dan penghijauan di atas Citarum. 

“Kalau ini rampung, baru kita masuk ke hilirnya yang juga memerlukan perhatian kita,” kata Jokowi. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X