Tak Merasa Ditinggalkan, PDIP Malah Buka Peluang Gabung Koalisi Besar untuk Pilpres 2024

- Senin, 3 April 2023 | 22:05 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Said Abdullah. (ANTARA/HO-Banggar DPR)
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Said Abdullah. (ANTARA/HO-Banggar DPR)

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan pihaknya membuka kemungkinan untuk bergabung dengan koalisi besar dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Said mengatakan saat ini PDIP terus berupaya menjalin kerja sama politik dengan partai-partai politik yang merupakan anggota KIB dan Koalisi KIR. Semisalnya silaturahmi yang dilakukan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani ke partai politik beberapa waktu lalu.

"PDI Perjuangan sejak awal memang akan bergotong royong, bersama-sama dengan kekuatan lain untuk bekerja sama, baik dengan Golkar, baik dengan PPP, maupun PAN, maupun Gerindra, dan PKB, semua partai. Makanya, Mbak Puan (Puan Maharani) juga bersilaturahmi," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan sebagaimana dilansir Antara, Senin (3/4/2023).

Baca Juga: Usai Pertemuan 5 Ketum Parpol, Prabowo Akui KIR dan KIB Sefrekuensi

Said berucap bahwa rencana penggabungan KIB, yang terdiri atas Partai Golkar, PAN, dan PPP, serta Koalisi KIR, yang terdiri atas Partai Gerindra dan PKB, dapat meringankan beban tantangan beragam dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Ya, semakin baik dan semakin ringan beban kalau dipikul bersama, karena tantangannya ke depan juga tidak semakin ringan. Kan setiap periode, setiap pemimpin punya tantangan yang berbeda," jelasnya.

Meski demikian, dia menegaskan sejauh ini PDIP masih konsisten mengusung kader partainya sebagai bakal calon presiden (capres).

"PDI Perjuangan sampai hari ini tetap mengusung kader sendiri, confirmed. Tidak akan menoleh kanan-kiri, walaupun tetap akan bekerja sama dengan kekuatan parpol lain," tuturnya.

Tak Menjamin Kemenangan

Said juga optimistis bahwa rencana pembentukan koalisi besar tidak serta merta menjamin kemenangan pada Pilpres 2024.

"Tidak menjamin kemenangan, yang menentukan kemenangan itu yang pertama tentu figur, kemudian soliditas partai," imbuhnya.

Dia menjelaskan PDI Perjuangan tetap membuka komunikasi dan terus melakukan silaturahmi politik dengan partai-partai politik lainnya.

"Insyaallah PDI Perjuangan selalu berkomunikasi. Lebih-lebih terus digencarkan, baik oleh Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) maupun silaturahmi oleh Mbak Puan," ucapnya.

Baca Juga: 5 Ketum Parpol Pro Pemerintah Bakal Kembali Bertemu Bahas Koalisi Besar

Tidak Merasa Ditinggal

Terkait ketidakhadiran Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke acara silaturahmi Ramadhan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4), Said menjelaskan Megawati sedang berada di luar negeri.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X