Unri Jajaki Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

- Minggu, 12 Maret 2023 | 14:49 WIB
Tim dari Universitas Riau (Unri) menjajaki kerja sama bidang pendidikan di sejumlah perguruan tinggi luar negeri di Belanda, Sabtu (12/3/2023). (FOTO ANTARA/HO-Humas Unri).
Tim dari Universitas Riau (Unri) menjajaki kerja sama bidang pendidikan di sejumlah perguruan tinggi luar negeri di Belanda, Sabtu (12/3/2023). (FOTO ANTARA/HO-Humas Unri).

Universitas Riau (Unri) menjajaki kerja sama bidang pendidikan dengan sejumlah universitas luar (PT) negeri. Ada tiga universitas Belanda yang digandeng dalam kerjasama ini, yaitu Wageningan University Research (WUR), Van Hall Larensen University, dan Groningen University.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Unri, Sofyan Husein Siregar, mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk bidang penelitian, publikasi, dan konferensi bersama.

Penjajakan kerja sama itu dilakukan pada 6 hingga 13 Maret 2023 oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi bersama Kepala Pusat Urusan Internasional (PUI) Unri.

Baca Juga: Diakui Singapura, Indonesia Punya Lulusan Perguruan Tinggi Terbanyak di Asia Tenggara

"Beberapa kegiatan yang dijalankan adalah kunjungan ke fasilitas riset, unifarm, soil museum, farm of the future, dan selanjutnya simposium di Wageningan Indonesian Student Exchange (WISE), round table meetings dengan topik riset yaitu agroforestry," kata Sofyan Husein, dikutip dari Antara, Minggu (12/3/2023).

Kunjungan berikutnya ke sustainable marine future, agro production system dan epidemic preparedness.

"Saya bergabung di topic marine," kata Sofyan.

Ia menjelaskan bahwa konsorsium riset dan peluang kerja sama yang akan disepakati dalam pertemuan pimpinan delegasi dengan top management bersama dengan sejumlah perguruan tinggi luar negeri itu, merupakan implementasi dari program kebijakan Rektor Unri Prof Sri Indarti untuk "Unri Go International" dalam rangka menuju Unri World Class University.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Lulus Kuliah, Minimal Punya Planning!

Ia mengatakan, Universitas Wageningan, merupakan universitas terbaik di bidang pertanian di dunia, dengan konsep penerapan ilmu dasar dan teknologi serta penguatan kolaborasi start up dengan dunia industri.

"Beberapa perusahaan membangun fasilitas laboratorium pangan di kawasan kampus ini. Van Hall Larensen University, merupakan University of Applied Sciences, dan Groningen University termasuk ke dalam Word Class University," kata Sofyan.

Selain Unri, ada 6 universitas Indonesia lain yang melakukan kerjasama ini. Enam perguruan tinggi tersebut adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Jambi (Unja).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X