The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diakui Singapura, Indonesia Punya Lulusan Perguruan Tinggi Terbanyak di Asia Tenggara
Ilustrasi mahasiswa. (Freepik)
News

Diakui Singapura, Indonesia Punya Lulusan Perguruan Tinggi Terbanyak di Asia Tenggara

Jumat, 09 Desember 2022 21:38 WIB 09 Desember 2022, 21:38 WIB

INDOZONE.ID - Siapa sangka, Indonesia merupakan negara dengan jumlah lulusan perguruan tinggi terbesar di Asia Tenggara loh. Yuk simak faktanya! 

Banyaknya lulusan perguruan tinggi, membuat Indonesia sebagai negara yang sangat strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. Ini dikatakan Profesor Lily Kong, President, Singapore Management University. 

"Kami berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat dan perekonomian Asia melalui pendidikan, penelitian, inovasi, dan kewirausahaan, khususnya dalam hal transformasi digital dan kehidupan serta pertumbuhan yang sustainable di Asia," ujarnya dalam keterangannya. 

Fasilitas pendidikan pun sangat dibutuhkan, seperti overseas center di sejumlah kota Asia. Termasuk baru-baru ini juga ada di Jakarta. 

Baca Juga: UI Didapuk Universitas Terbaik Indonesia, Rektor Kuncoro: Ini Capaian Membanggakan

Lily Kong menyebut, fasilitas seperti itu bisa membantu membangun ekosistem untuk berbagi pengetahuan, melakukan penelitian, dan memberdayana bisnis, komunitas, serta masyarakat dalam negeri. Indonesia selama bertahun-tahun, telah menjadi host bagi mahasiswa dan profesor dari Indonesia yang memiliki talenta luar biasa. 

"Kami juga berharap dapat memperluas pendidikan dan memperkuat kerja antara Indonesia dan Singapura dalam hal pengembangan pendidikan dan talenta," tambah dia. 

Ditambahkan Centre Director, SMU Overseas Centre Jakarta Shoeb Z. Kagda, Indonesia merupakan sebuah economic powerhouse. Indonesia memiliki perekonomian yang berkembang cukup pesat dan sangat berpengaruh dalam mengubah masa depan Asia. 

Baca Juga: Perguruan Tinggi Dinilai Sudah Siap Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

"Kolaborasi dengan berbagai perusahaan, institusi pendidikan tinggi, lembaga pemerintah, dan masyarakat merupakan hal yang penting dalam pengembangan talenta, thought leadership, inovasi, dan kewirausahaan, baik di Singapura maupun Indonesia," ujarnya.

Namun demikian, menurut Shoeb, Indonesia harus bisa  menciptakan sistem pendidikan yang menjunjung tinggi keberagaman intelektual dan budaya. Guna mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berbagai sektor industri di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania
Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US