Jusuf Kalla Ingatkan Ustadz & Ustadzah Ajarkan Islam Jalan Tengah

- Selasa, 3 September 2019 | 18:18 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
(photo/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan kepada tenaga pengajar di sekolah pesantren supaya mengajarkan agama Islam wasathiyah/Islam jalan tengah yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Tugas utama para ustadz dan ustadzah ini adalah bagaimana mendidik pengetahuan agama yang sesuai zamannya, karena zaman juga pengetahuan politik mengubah sifat-sifat pengertian keagamaan," kata Wapres JK di Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof Dr Hamka II di Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Dia mengatakan, perkembangan penerapan ajaran agama Islam di Indonesia untuk saat ini semakin tersebar.

Hal itu bisa dilihat dari banyaknya sekolah pesantren, masjid, dan gaya hidup hijrah di kalangan muslim dan muslimah.

Untuk itu, dia mengingatkan agar para pendakwah Islam menyebarkan ajaran Islam jalan tengah supaya tak menimbulkan radikalisme dan perpecahan di tengah masyarakat.

"Semua itu dibutuhkan pemahaman keagamaan Islam menengah, jalan tengah. Tidak ke kiri, tidak ke kanan; apalagi sangat kiri atau sangat kanan atau radikal," kata JK.

Wapres JK mengatakan dengan penafsiran ajaran agama Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman, maka semangat keagamaan dan toleransi di Indonesia dapat menjadi kebanggaan.

"Ilmu itu universal, agama kita itu modern jika ditafsirkan sesuai zamannya. Kita bersyukur ada semangat keagamaan Islam di Indonesia yang luar biasa, peningkatan semangat keagamaan di Indonesia luar biasa," tutur Wapres.
 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X