Unggul 264 Poin, Ini Skenario Joe Biden Menangkan Pilpres AS Kali Ini

- Kamis, 5 November 2020 | 14:55 WIB
Capres dari Demokrat, Joe Biden. (REUTERS/Kevin Lamarque).
Capres dari Demokrat, Joe Biden. (REUTERS/Kevin Lamarque).

Unggul dengan poin 264 di perhitungan suara pemilihan presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) kali ini, capres Joe Biden hanya butuh 6 poin untuk menang. Harapannya, suara di Nevada bisa memberikan keuntungan kepadanya untuk memenangkan pilpres kali ini mengungguli Donald Trump.

Salah satu penentu kemenangan setiap pilpres AS adalah negara bagian yang juga memiliki penentu khusus aspek kehidupan di Amerika Serikat. Namun dari 50 negara bagian yang ada, hanya ada 11 negara bagian yang krusial untuk memenangkan pilpres, atau yang biasa disebut swing states.

Swing states sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sun belt, rust belt, dan distrik kongresional. Sun belt sendiri terdiri dari negara bagian Arizona, Georgia, Florida, dan North Carolina. Sedangkan rust belt terdiri dari Iowa, Ohio, Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin. Sedangkan dua negara bagian lainnya Nebraska dan Maine adalah bagian dari distrik kongresional.

Menurut analisis pilpres AS, Ericssen dalam acara virtual 'America Presidential Election' di Zoom yang dipantau Indozone pada Rabu (4/11/2020) kemarin, Biden memiliki beberapa hanya memiliki dua jalur skenario kemenangan yang semua bergantung pada hasil swing states rust belt.

"Sebenarnya Biden bisa menang langsung kalau dia berhasil menang di wilayah Sunbelt. Namun itu tidak mungkin karena itu basis Trump. Sehingga harapannya ada di rust belt," ujar Erricsen.

Rust belt sendiri merupakan wilayah industri yang sangat krusial. Dari lima negara bagian yang ada, harapan Biden ada di tiga negara bagian tersisa yaitu Michigan, Wisconsin, dan Pennsylvania. Mengingat Iowa dan Ohio sudah dimenangkan Trump.

Baca Juga: Joe Biden atau Donald Trump, Ini Prediksi Soal Laut China Selatan & Dampaknya ke Indonesia

-
Pantauan Live election Night Map terakhir. (INDOZONE/M Fadli).

Pantauan terakhir Indozone di Live Election Night Map, swing states Pennsylvania masih dalam perhitungan suara, dimana Trump memimpin dan sempat membuat ketar-ketir pendukung Biden lainnya. Ditambah wilayah Michigan dan Wisconsin sempat berwarna merah sampai kemarin. 

Namun terjadi perubahan signifikan ketika Wisconsin berubah warna dan dimenangkan Biden dan disusul untuk Michigan. Hal itulah yang membuat poin Biden semakin naik menjadi 260. Harapan terakhir Biden ada di Nevada yang saat ini masih dalam perhitungan.

Biden sebenarnya berhasil meraih kemenangan di satu negara bagian sun belt, yaitu Arizona yang dulunya basis dari Trump, serta negara bagian distrik kongresional Maine. 

Hasil penentu kemenangan diprediksi masih akan berlangsung sampai akhir pekan ini, mengingat ada sistem pemilu yang baru di saat pandemi seperti ini. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X