Joe Biden atau Donald Trump, Ini Prediksi Soal Laut China Selatan & Dampaknya ke Indonesia

- Kamis, 5 November 2020 | 12:08 WIB
Ilustrasi Laut China Selatan. (freepik/wirestock)
Ilustrasi Laut China Selatan. (freepik/wirestock)

Pengamat politik internasional, Arya Sandhiyudha, menilai bahwa baik Joe Biden maupun Donald Trump akan melihat hal yang sama mengenai masalah atau konflik di Laut China Selatan.

Arya menyebutkan bahwa kedua calon presiden Amerika Serikat tersebut akan melihat kalau arena Laut China Selatan sebagai sesuatu yang penting, begitu pula dengan kedudukan Indonesia.

“Kemudian melihat Asia Pasifik terutama di wilayah Luat China Selatan sebagai salah satu arena yang sangat penting, berarti akan melihat Indonesia sebagai pihak yang sangat penting diajak kerjasama,” ucap Arya kepada Indozone, Kamis (5/11/2020).

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa Joe Biden dan Donald Trump masih akan sama-sama melihat bahwa China merupakan kompetitor yang sangat berpotensial.

“Tetap akan melihat China sebagai kompetitor sangat potensial, China akan dilihat sebagai rising power yang akan mengancam hegemoni Amerika,” terangnya.

“Jadi antara Biden dan Trump sebenarnya dalam hal China hampir sama lah. Ketika mereka sama-sama melihat China sebagai ancaman,” tutup Arya.

Seperti diketahui, Joe Biden dan Donald Trump kini tengah menunggu hasil penghitungan suara dari Pilpres AS. Keduanya pun saling mendapatkan perselisihan suara yang tipis dan sengit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X