Operator Bandara Changi Menangkan Lelang Pengembangan Bandara Komodo

- Jumat, 27 Desember 2019 | 08:18 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dalam Konferensi Pers di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (26/12). (BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dalam Konferensi Pers di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (26/12). (BKIP Kemenhub)

Operator dan pengelola bandara kelas dunia, yakni Changi Airports International Pte Ltd. (CAI) dan Changi Airports MENA Pte Ltd memenangkan proses lelang pengembangan Bandara Komodo di Labuhan Bajo.

Kapasitas Bandara Komodo tersebut akan ditingkatkan menjadi empat juta penumpang per tahun, dimana kapasitas pelayanan kargo juga ditingkatkan menjadi 3.500 ton per tahun hingga tahun 2024.

Peningkatan kapasitas tersebut dilakukan dalam rangka mendorong kawasan wisata Labuhan Bajo menjadi salah satu dari lima 'Bali Baru' yang tengah disiapkan pemerintah menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Yang menarik dari hal ini adalah, proyek pengembangan Bandara Labuhan Bajo tersebut dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Dari hasil lelang, kami telah menetapkan Konsorsium CAS sebagai badan usaha pemenang proyek Pengembangan Bandar Udara Komodo – Labuan Bajo. Konsorsium CAS beranggotakan PT. Cardig Aero Service (CAS), Changi Airports International Pte Ltd. (CAI) dan Changi Airports MENA Pte Ltd,” jelas Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dikutip dari keterangan resmi pada Konferensi Pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/12) malam.

Menhub Budi Karya mengatakan, terpilihnya Konsorsium CAS menjadi pemenang proyek telah melalui proses seleksi ketat dari tim ahli, diantaranya:

  1. Prof Wihana
  2. Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen Tangkudung
  3. Ketua YLKI Tulus Abadi
  4. Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman
  5. Tommy Soetomo
  6. Sesditjen Perhubungan Udara Nur Isnis

“Pemenang lelang tentunya memiliki kompetensi yang baik dan berpengalaman dalam membangun dan mengelola Bandara. Sehingga diharapkan kinerja dan pelayanan di Bandara Labuan Bajo semakin meningkat,” tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X