188 WNI ABK Kapal Pesiar World Dream Ditempatkan di Pulau Tak Berhuni
Kapal pesiar World Dream. (REUTERS/Tyrone Siu)
News

188 WNI ABK Kapal Pesiar World Dream Ditempatkan di Pulau Tak Berhuni

Dievakuasi lewat laut.

Senin, 24 Februari 2020 14:41 WIB 24 Februari 2020, 14:41 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan, pemerintah segera melakukan evakuasi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di Kapal Pesiar World Dream yang tengah lego jangkar di Hong Kong akibat wabah Virus Corona atau COVID-19. 

Hal ini diungkapkannya usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2). Selain itu, ia juga mengungkapkan para WNI akan dievakuasi dengan menggunakan KRI dr. Soeharso (990) milik TNI AL.

"Sementara kita putuskan untuk mengevakuasi (WNI) anak buah kapal dari Kapal World Dream. Lokasinya sudah disiapkan, pulau tak berpenghuni, Pulau Sebaru I," jelasnya. 

Dikatakan olehnya, KRI dr. Soeharso (990) saat ini sudah berlayar untuk melakukan evakuasi. Nantinya, seluruh WNI yang dievakuasi akan menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan yang ditentukan. 

Kendati, sebelumnya pihak otoritas Hong Kong melalui Departemen Kesehatan telah melakukan pemeriksaan kondisi seluruh WNI. Dan, mereka dinyatakan negatif Virus Corona atau COVID-19. 

"Akan diobservasi di KRI dr. Soeharso (990) sesuai dengan prosedur yang ditetapkan TNI AL," imbuhnya.

Soal pemilihan Pulau Sebaru I sebagai lokasi obeservasi nantinya, Muhadjir mengatakan, dinilai aman karena tidak berpenghuni.

"Kita anggap aman, karena tidak ada penghuninya, kita tinggal pakai aja," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Fauzi

Fauzi

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US