Update Corona di Jakarta 8 Mei: Pasien Sembuh Terus Bertambah

- Jumat, 8 Mei 2020 | 12:44 WIB
Karyawan memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Karyawan memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memberikan informasi kepada masyarakat terkait jumlah kasus virus corona (Covid-19) di Jakarta. Masyarakat bisa mengakses informasi ini melalui situs resmi Gugus Tugas Pemprov DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id.

Hingga pukul 12.15 WIB, Jumat (5/8/2020) jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona terus bertambah dan kini total ada sebanyak 718 orang.

Sementara itu, adapun positif virus corona sebanyak 4.775 orang, terdiri dari 2.196 dirawat, 430 meninggal dunia, dan isolasi mandiri 1.431 orang. 

-
Petugas Ahli Teknologi Laboratorium Medik melakukan Tes Swab melalui mulut dan hidung di gedung Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Depok, Jawa Barat, Senin (6/4/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 6.295 orang dengan rincian, 1.060 masih dirawat dan 5.235 orang sudah pulang dan sehat.

Lalu orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 9.218 orang, terbagi menjadi 243 orang proses pemantauan dan 8.975 telah selesai pemantauan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta warga agar tetap mematuhi aturan yang ada, meskipun jumlah kasus positif corona menurun.

-
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan terkait penanggulangan wabah virus corona (Covid-19) dalam jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/3/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Ia tak ingin berspekulasi bahwa pandemi virus corona bisa selesai dalam kurun tertentu.

"Kalau ada yang sebut bulan-bulan tertentu (Covid-19 selesai), silakan. Tapi, Gubernur Jakarta tidak punya urusan dengan ramal meramal. Gubernur Jakarta kerjanya mengamankan kebutuhan rakyat," jelas Anies dalam unggahan video Youtube Pemprov DKI, Rabu (6/5/2020).

Dia mengklaim akan menjamin kebutuhan warga DKI, terlebih soal fasilitas kesehatan dengan mempunyai tenaga medis yang baik.

Salah satu bukti yang menjadi kesiapan Pemprov DKI Jakarta menangani virus corona ialah menyiapkan kebutuhan kamar rumah sakit.

Ia menyebutkan, di Jakarta, ada sebanyak 172 rumah sakit yang menangani kasus corona. Dari jumlah itu, ada ada 3.600 kamar yang disiapkan dengan 1.200 kamar ICU untuk pasien.

"Kami siapkan monitoring seluruh fasilitas di seluruh rumah sakit yang ada. Kita menginventarisasi rumah sakit mana saja yang kosong. Termasuk mana yang butuh APD (alat pelindung diri)," ungkapnya.
 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X