Wabah Kian Dekat, Pemerintah Harus Sosialisasikan Cegah Korona

- Minggu, 9 Februari 2020 | 11:33 WIB
Petugas mengenakan alat pelindung dan memasang kanvas ke jendela ambulans untuk melindungi privasi penumpang, yang dites positif virus korona. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Petugas mengenakan alat pelindung dan memasang kanvas ke jendela ambulans untuk melindungi privasi penumpang, yang dites positif virus korona. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh mendesak pemerintah sosialisasikan langkah mencegah dan menangkal virus korona pada lini masayarakat paling bawah yaitu tingkat rukun tetangga (RT).

Sebelumnya, Sabtu (8/2/2020), Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menyatakan telah menaikkan status waspada korona dari kuning ke oranye, menyusul 33 kasus korona di Singapura. Dia mengimbau warganya untuk tetap tenang terkait wabah virus korona yang menerpa Singapura.

"Pemerintah mensosialisasikan langkah preventif sangat penting saya pikir, membuka informasi sebanyak-banyaknya juga penting," ucapnya kepada Indozone, Minggu, (8/2/2020).

Pemerintah, sambungnya, harus menginformasikan secara detail apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana mencegah virus korona tidak masuk dalam tubuh kita, kebiasaan apa saja yang perlu dilakukan sampai pada tahapan-tahapannya.

"Pemerintah menginformasi, membuka diri memberi infomasi yang informatif pada masyarakat harus menyediakan apa dan melakukan hal seperti apa. Bisa dari imbauan pakai masker, hand sanitizer itu harus dilakukan seluruh elemen masyarakat dengan bantuan dinas kesehatan," jelasnya.

Politisi PKB ini belum melihat adanya langkah preventif yang dijalankan pemerintah, sosialisasi yang masif, struktural hinggga elemen paling bawah pun dinilainya belum tampak.

"Informasi belum dibuka seluas-luasnya, sosialisasi belum ada, kalau ada pun belum banyak beredar sosialisasinya dan masih sangat kurang," tegasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X