Profil Low Tuck Kwong, Orang Terkaya di Indonesia yang Berhasil Geser Hartono Bersaudara

- Senin, 26 Desember 2022 | 14:51 WIB
Low Tuck Kwong (kanan). (Dok Situs Bayan)
Low Tuck Kwong (kanan). (Dok Situs Bayan)

Sosok Low Tuck Kwong kini sedang menjadi sorotan usai menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia di akhir tahun 2022. Hal itu sebagaimana daftar yang dirilis oleh The Real Time Forbes Billionaires list beberapa hari lalu.

Sebagaimana melihat dari wikipedia, Low Tuck Kwong merupakan seorang pengusaha dari Indonesia. Ia lahir di Singapura pada tanggal 17 April 1948 dan merupakan pendiri dari Bayan Resources, salah satu perusahaan yang bergerak di sektor tambang batu bara.

Perjalanan karir Low Tuck Kwong, menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia berawal dari bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya yakni David Low Yi Ngo.

Baca Juga: Kekayaan Meroket, Sosok Low Tuck Kwong Bos Tambang Batu Bara Jadi Orang Terkaya RI

Kemudian di tahun 1972, ia memutuskan untuk pindah ke Indonesia, dan pada tahun 1973, ia mendirikan PT Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) yang bergerak di bidang konstruksi. JSI kemudian menjadi pelopor konstruksi pondasi tumpuk (pile foundation) yang kompleks. 

Pada tahun 1988, JSI berekspansi ke bisnis penambangan batubara dan menjadi kontraktor tambang terkemuka. Namun di tengah kegemilangannya, di tahun 1992 Low Tuck Kwong memilih menjadi Warga Negara Indonesia.

Baca Juga: Kalahkan Jeff Bezos, Gautam Adani Orang Pertama Asia Jadi Miliarder Terkaya di Dunia

Selang beberapa tahun kemudian tepat di tahun 1997, Low Tuck Kwong membeli tambang batubara pertamanya melalui PT Gunungbayan Pratamacoal. Pada tahun 1998, melalui PT. Dermaga Perkasapratama, ia juga mengoperasikan sebuah terminal batubara di Balikpapan. 

Melalui bisnis pertambangan batubaranya (Bayan Resources), Low Tuck Kwong berhasil menjadi orang terkaya ke-30 di Indonesia versi majalah Forbes. Bahkan kini dia menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia mengalahkan posisi yang sebelumnya di pegang Hartono bersaudar di tempat ke-2 dan 3.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X