Pesan BNPT untuk Masyarakat: Tidak Terpecah Hadapi KKB di Papua

- Sabtu, 11 Maret 2023 | 02:01 WIB
Komjen Polisi Boy Rafli Amar (ANTARA FOTO/HO-Humas BNPT)
Komjen Polisi Boy Rafli Amar (ANTARA FOTO/HO-Humas BNPT)

Masyarakat Indonesia mendapatkan pesan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar. Dia mengingatkan masyarakat supaya tidak terpecah dalam menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Menurut jenderal bintang tiga tersebut, masyarakat harus diberikan pandangan tentang paradigma nasional, hukum, motif sampai gangguan keamanan yang dilakukan KKB sehingga ditetapkan menjadi kelompok separatis teroris.

"Dalam menghadapi kelompok separatis teroris, BNPT mengingatkan pentingnya memastikan masyarakat tidak terbelah dan harus sepakat jika KKB Papua merupakan musuh bersama," kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, INDOZONE mengutip dari ANTARA, Sabtu (11/3/2023).

-
Ilustrasi senjata api (INDOZONE)

Baca Juga: Dor! 2 Warga di Yahukimo Papua Tewas Tertembak di Bagian Kepala, Pelakunya Diduga KKB 

"Sehingga masyarakat tidak terbelah dan sepakat bahwa KKB Papua adalah musuh bersama," ujar dia.

Eks Kapolda Papua dan Banten itu menyatakan, bahwa sudah menjadi tugas bersama, terutama BNPT, untuk memastikan masyarakat waspada terhadap ideologi kekerasan yang mengarah pada terorisme.

"Tugas kita adalah memastikan masyarakat waspada terhadap ideologi ini, dan ini juga upaya memberikan perlindungan kepada warga negara," kata lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 tersebut.

Senada dengan itu, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Nissan Setiadi menyampaikan akan melakukan penguatan kewaspadaan masyarakat di Tanah Papua.

"Kita akan adakan Warung NKRI dan program prioritas dialog kebangsaan melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua," katanya.

Teranyar, KKB di Papua menyandera Pilot Susi Air asal asal Selandia Baru, Philips Max Mehrtens. Tim gabungan masih berusaha membebaskan sang pilot.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, menyebut pihaknya berupaya membebaskan pilot tersebut dari tangan KKB dengan cara merangkul sejumlah pihak.

Baca Juga: KKB Lepaskan Tembakan di Bandara Bilorai, Bikin Pesawat Gagal Mendarat

"Dari Polda Papua, kami menerima informasi saat ini polda papua bersama pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat masih terus melakukan pendekatan," kata Ramadhan kepada wartawan.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X