SMRC Sebut Sosok Ganjar Lebih Berpeluang Naikan Elektabilitas Dibanding Tokoh Lainnya

- Rabu, 19 April 2023 | 02:05 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih berpeluang menaikkan elektabilitasnya ketimbang tokoh lain yang digadang-gadang menjadi calon presiden (Capres). 

Dia menyebutkan meski elektabilitas Ganjar sempat  turun pasca diputuskannya Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, itu hanya bersifat sementara, karena ruang untuk Ganjar menaikkan elektabilitas lebih besar ketimbang Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan. 

"Ruang untuk Ganjar menaikkan elektabilitas masih cukup besar karena tingkat popularitas atau kedikenalannya masih lebih rendah dibanding Prabowo dan Anies," ujar Saidiman kepada wartawan, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga: Survei SMRC: Sempat Turun, Elektabilitas Ganjar Kembali Ungguli Prabowo-Anies

Menurut Saidiman, awareness publik terhadap Ganjar sudah semakin luas dibanding nama lainnya.

"Ada peluang bagi Ganjar untuk meningkatkan elektabilitas seiring dengan semakin luas awareness publik. Ini berbeda dengan Prabowo yang sudah dikenal hampir semua warga," sambung dia. 

Tak hanya elektabilitas, dia juga menilai peluang Ganjar untuk untuk mendapatkan restu dari Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi sangat besar, bahkan paling besar dibanding tokoh-tokoh lain.

"Alasannya adalah karena Ganjar kader PDIP. Sebagai partai besar, tentu PDIP ingin agar kadernya kembali menjadi presiden. Sejauh ini, Ganjar adalah kader PDIP yang paling kompetitif bahkan suaranya cenderung lebih unggul dibanding tokoh lain," jelasnya.

Baca Juga: Lepas Mudik Gratis Kereta Api Rute ke Jateng, Ganjar: Mudah-mudahan Perjalanan Lancar

Dia juga menyebutkan PDIP pasti tidak ingin melepas kesempatan untuk kembali menduduknya kadernya menjadi presiden. Tak hanya itu, dia juga meyakini meyakini Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan satu suara untuk mengusung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Sebab, Ganjar merupakan kader PDIP yang paling potensial atau kompetitif dalam Pilpres 2024.

"Saya yakin PDIP tidak akan melepaskan peluang untuk menjadikan kadernya kembali menjadi presiden di pemilihan umum 2024," ucap Saidiman.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X