Hadapi Isu Rusuh di Pelantikan Biden, Pence Janjikan Kondisi Aman dan Tertib

- Jumat, 15 Januari 2021 | 14:43 WIB
Wapres AS Mike Pence saat menemui tentara Garda Nasional di depan gedung Capitol. ( Alex Brandon/Pool via REUTERS).
Wapres AS Mike Pence saat menemui tentara Garda Nasional di depan gedung Capitol. ( Alex Brandon/Pool via REUTERS).

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence pada Kamis (14/1/2021) setempat berjanji untuk menegakkan sejarah AS dan memastikan pelantikan dan transisi kekuasaan yang aman kepada Presiden terpilih Joe Biden. Janji tersebut mencuat untuk menghadapi isu rusuh yang belum lama ini beredar.

Pernyataan Pence itu disampaikan delapan hari setelah pendukung Presiden AS  Donald Trump mengepung gedung Capitol di Washington beberapa waktu lalu.

Melansir Antara, Pence membuat pernyataan itu sebelum mengikuti pengarahan keamanan di markas besar Badan Manajemen Darurat Federal AS, dan selama pertemuan dengan pasukan Garda Nasional yang menjaga Capitol. 

"Kami semua menjalani hari itu ... 6 Januari. Dan seperti yang dijelaskan presiden kemarin, kami berkomitmen untuk transisi yang tertib dan pelantikan yang aman. Rakyat AS berhak mendapatkan apa pun," kata Pence dalam acara publik pertamanya sejak serangan di Capitol.

Baca Juga: Basarnas Perpanjangan Pencarian Korban Pesawat Sriwijaya SJ-182

"Dia (Trump) mengatakan Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris akan dilantik pada 20 Januari dengan cara yang konsisten dengan sejarah dan tradisi kita, dan dengan cara yang memberikan penghormatan kepada rakyat Amerika dan Amerika Serikat," ujar Pence.

Trump sendiri telah menjadi presiden pertama dalam sejarah AS yang dimakzulkan dua kali ketika 10 rekannya dari Partai Republik bergabung dengan Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS untuk menuduh Trump menghasut aksi pemberontakan pada serangan pekan lalu.

Pence juga bertemu dengan puluhan pengawal di luar Capitol yang sudah terang benderang, berterima kasih kepada mereka karena telah memberikan keamanan "pada saat yang begitu penting dalam kehidupan bangsa".

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X