Kamala Harris Wanita Kulit Hitam Pertama Keturunan Asia yang Jadi Wakil Presiden AS

- Minggu, 8 November 2020 | 13:47 WIB
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dan calon wakil presiden Kamala Harris berbicara kepada wartawan. (REUTERS/CARLOS BARRIA)
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dan calon wakil presiden Kamala Harris berbicara kepada wartawan. (REUTERS/CARLOS BARRIA)

Berhasil memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat bersama dengan Joe Biden, Kamala Harris mencatat sebuah sejarah baru di negara ‘Paman Sam’ tersebut.

Dengan kemenangan itu, Kamala Harris merupakan wanita berkulit hitam pertama yang terpilih menjadi wakil presiden AS, dan siap melenggang ke Gedung Putih.

Selain itu, dikutip dari laman The Guardian, Kamala Harris juga merupakan senator California keturunan India, dan Jamaika. Hal tersebut pun yang membuatnya menjadi wanita dari ras campuran pertama sebagai wakil presiden AS.

Dalam pencalonannya bersama Joe Biden, Harris sendiri sempat berjuang mengenai komentar berbagai macam pihak yang mengkategorikan dirinya dari ras yang dimiliki.

Harris sendiri lahir di Oakland, California dari orangtua imigran. Ia memiliki satu saudara perempuan, yakni bernama Maya yang merupakan seorang pengacara dan analisis politik.

Ketika diumumkan menang Pilpres, Kamala Harris menyebutkan bahwa pemilu yang diikuti bukanlah hanya sekadar dirinya dan Joe Biden, melainkan tentang jiwa Amerika untuk diperjuangkan.

“Pemilu ini lebih dari sekadar Joe Biden atau saya. Ini tentang jiwa Amerika dan kesediaan kita untuk memperjuangkannya. Kita memiliki banyak pekerjaan di depan kita. Mari kita mulai,” tulis Kamala Harris dalam akun Twitternya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Joe Biden dan Kamala Harris telah berhasil mengalahkan petahana Donald Trump dan Mike Pence dalam Pilpres AS kali ini.

Biden dan Harris dinyatakan menang setelah memperoleh lebih dari 270 suara. Sedangkan saat ini, Trump dan Pence mendapatkan perolehan 213 suara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X