Mengenal 8 Jenis Kapal Laut yang Ada di Dunia Beserta Fungsinya
photo/Wikipedia/Forbes/CSIRO
News

Mengenal 8 Jenis Kapal Laut yang Ada di Dunia Beserta Fungsinya

Sabtu, 19 Oktober 2019 12:18 WIB 19 Oktober 2019, 12:18 WIB

INDOZONE.ID - Kapal adalah kendaraan besar pengangkut penumpang dan juga barang melalui jalur laut dan sungai. Namun, kapal laut berbeda dengan perahu. Saat ini, kapal laut menjadi salah satu transportasi paling efektif dan efisien karena memiliki kapasitas lebih besar. Tentu daya angkutnya juga berbeda dibandingkan moda transportasi darat dan udara.

Ada banyak jenis kapal laut yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Pengelompokkannya pun beragam, mulai dari berdasarkan muatan, bentuk, tenaga penggerak, jenis pelayaran, dan kegunaan atau fungsinya.

Nah, apa saja ya kira-kira? Berikut ini dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (19/10), 8 jenis kapal laut yang ada di dunia beserta penjelasan fungsinya:

1. Kapal Feri

Ferry Ship
photo/cruisemapper.com

Kapal feri termasuk jenis kapal penumpang. Fungsi kapal feri sebagai transportasi penyeberangan laut maupun sungai yang mengangkut penumpang beserta kendaraannya berupa mobil pribadi, bus, truk, dan lainnya. Terkadang, kapal feri juga dimanfaatkan untuk mengangkut barang-barang material berat lainnya.

2. Kapal Pesiar

Cruise Ship
photo/Forbes

Sama seperti kapal feri, kapal pesiar juga termasuk jenis kapal penumpang yang digunakan untuk tujuan pelayaran pesiar. Para penumpang biasanya menaiki kapal pesiar untuk menikmati liburan dengan perjalanan laut yang memukau. Kapal pesiar dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang nyaman bak hotel bintang lima.

3. Kapal Roro

Roro Ship
photo/Ship Overseas

Roro singkatan dari Roll-on/Roll-off. Kapal Roro didesain untuk mengangkut kargo roda seperti mobil, truk, semi-trailer truk, atau gerbong kereta. Ukuran kapal Roro tentu jauh lebih besar dibandingkan kapal feri. Kapal Roro juga sering disebut kapal pengangkut mobil.

4. Kapal Barang

Tanker Ship
photo/Marine Insight

Seperti namanya, kapal barang berfungsi untuk mengangkut barang dalam jumlah besar dan massal. Ada beberapa jenis kapal barang sesuai dengan barang apa yang didistrubusikannya. Di antaranya, kapal peti kemas, kapal tanker minyak, kapal tanker bahan kimia, kapal tanker LPG, kapal tanker LNG, kapal pengangkut barang curah, dan kapal tongkang (poton).

5. Kapal Derek

Tanker Ship
photo/Wikipedia

Berikutnya, kapal derek dengan ukuran raksasa yang berfungsi untuk mengangkat barang berat ataupun membantu pekerjaan konstruksi di kawasan lepas pantai. Selain ukurannya yang sangat besar, kapal derek punya ukuran sangat tinggi melebihi 100 meter.

6. Kapal Floating Production

Floating Production ship
photo/Ships Monthly

Kapal Floating Production Storage and Offloading (FPSO) adalah jenis kapal laut dengan sistem tangki yang dipakai untuk mengambil semua minyak atau gas dari platform terdekat, proses penyimpanan, hingga nantinya diturunkan kembali ke kapal tanker melalui pipa besar.

7. Kapal Angkatan Laut

Naval Ship
photo/Wikipedia

Kapal laut ini dioperasikan khusus untuk agenda militer laut. Ada beberapa jenis kapal angkatan laut, di antaranya kapal induk, kapal perang, kapal pengisian bahan bakar, kapal pengangkut helikopter, kapal patroli, kapal penyapu ranjau, kapal serbu amfibi, kapal selam, dan kapal rumah sakit.

8. Kapal Penelitian

Research Ship
photo/CSIRO

Kapal ini didesain khusus untuk keperluan para peneliti dan investigator. Ada beberapa jenis kapal penelitian, salah satunya kapal oseanografi yang digunakan untuk membawa fasilitas penelitian hingga ke tengah laut. Di Indonesia sendiri, kapal riset terbesar dimiliki oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU