Pimpinan Catalunya Dipenjara, Puluhan Ribu Orang Lakukan Unjuk Rasa

- Sabtu, 19 Oktober 2019 | 10:08 WIB
REUTERS/Albert Gea
REUTERS/Albert Gea

Jumat (18/10), puluhan ribu pengunjuk rasa berkumpul di Barcelona untuk melakukan aksi unjuk rasa dengan mengibarkan bendera-bendera Catalunya dan meneriakkan "Merdeka" dan "Bebaskan tahanan politik!". Ini menjadi hari kelima unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan orang memprotes pemenjaraan pemimpin separatis.

-
REUTERS/Rafael Marchante

Banyak dari pengunjuk rasa yang memulai perjalanan mereka ke kota itu pada Rabu (16/10). Mereka berasal dari berbagai kota praja di seluruh kawasan bagian timur laut Spanyol. Panasnya situasi di Barcelona ini dilatarbelakangi oleh penjatuhan vonis 12 orang pimpinan separatis. 9 orang terlibat divonis oleh Mahkamah Agung Spanyol karena dakwaan melakukan hasutan dalam upaya memisahkan diri dari Spanyol tahun 2017. Sementara tiga orang lainnya dikenakan vonis ketidaktaatan.

Hukuman yang diberikan oleh Mahkamah Agung ini kemudian menyulut kemarahan dan aksi protes dari puluhan ribu orang.

-
REUTERS/Sergio Perez

"Sepanjang pekan ini seperti Anda lihat, insiden-insiden kekerasan terjadi di Catalunya. Mereka sudah diatur oleh kelompok-kelompok yang minoritas tetapi sangat terorganisir," kata Menteri Dalam Negeri Fernando Grande-Marlaska dalam jumpa pers.

"Aksi-aksi mereka sebagaimana sudah kami katakan, tak lepas dari jeratan hukum." sambungnya.

Unjuk rasa ini sebenarnya sudah berlangsung sejak Senin (14/10) di luar bandara El Prat di Barcelona. Namun aksi berakhir dengan ricuh dan terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi anti huru hara. Hal ini terjadi karena para demonstran melemparkan petasan dan benda-benda lainya ke arah polisi anti huru hara.

-
REUTERS/Rafael Marchante

Tak hanya meneriakkan "Merdeka", para demonstran juga menyebut polisi Spanyol sebagai pasukan pendudukan. Para demonstran ini bahkan mendesak polisi untuk meninggalkan Catalunya. Mereka juga sampai mendirikan brikade yang terbuat dari tempat sampah, pagar dan tumpukan kardus yang dibakar.

-
REUTERS/Rafael Marchante

Namun, aksi unjuk rasa yang berlangsung pada Jumat (18/10) ini untungnya berjalan dengan damai. Para demonstran membawa anggota keluarganya sambil bersepeda dan membawa bendera kemerdekaan Catalunya. Mereka melewati jalur jalan bebas hambatan dan jalan-jalan utama lainnya untuk menuju Barcelona. Sementara itu, sejumlah orang di Barcelona berdiri di tepi jalan-jalan, dan memberikan semangat saat para pejalan kaki tiba.

-
REUTERS/Regis Duvignau

Para demonstran yang berjalan melintasi jalan bebas hambatan menuju Barcelona membawa bendera raksasa bertuliskan kalimat "Bebaskan Tahanan Catalunya Sekarang."

Untuk mengantisipasi unjuk rasa, sejumlah jalan utama di Barcelona ditutup. Bahkan jadwal kereta regional dan metro di kota itu beroperasi tidak sesuai jadwal karena serikat-serikat kerja pro-kemerdekaan menyerukan mogok.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X