Jokowi: Indonesia Siap Bantu Afrika Dalam Membangun Infrastruktur

- Selasa, 20 Agustus 2019 | 18:46 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
(photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden Jokowi menyatakan Indonesia siap membantu pembangunan infrastruktur di Afrika, seperti yang telah dilakukan di Tanah Air dalam lima tahun terakhir. Dia mengatakan Indonesia siap berbagi pengalaman.

“Indonesia siap berbagi pengalaman dan saling membantu untuk pembangunan infrastruktur,” ujar Presiden Jokowi saat membuka Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika (IAID) di Nusa Dua, Bali, Selasa sore.

Di depan 700 peserta dari 53 negara Afrika yang hadir, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia punya BUMN dan perusahaan swasta yang kuat dan berpengalaman khususnya di bidang infrastruktur.

Jokowi mengatakan, BUMN dan perusahaan swasta yang ada di Indonesia telah membuktikan kemampuan dalam membangun infrastruktur modern perkotaan.

Untuk itu, Jokowi secara terbuka menawarkan kerja sama dan membantu pembangunan infrastruktur agar masyarakat Afrika bisa menikmatinya seperti masyarakat Indonesia.

Melalui pembangunan infrastruktur, kata Jokowi, Afrika dapat mewujudkan pemerataan dan menjangkau daerah-daerah terluar, juga meningkatkan keterhubungan guna memperbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi.

“Indonesia ingin meningkatkan konektivitas infrastruktur dan ekonomi dengan Benua Afrika. Kami siap bekerja sama,” tutur presiden.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X