Daftar Kota Paling Toleran dan Tidak Toleran 2022 di Indonesia, Ada Bekasi dan Depok

- Senin, 10 April 2023 | 11:55 WIB
Depok menjadi kota kedua paling tidak toleran 2022 di Indonesia versi Setara Institute Tugu selamat datang Kota Depok. (Wikimedia/Commons Serenity)
Depok menjadi kota kedua paling tidak toleran 2022 di Indonesia versi Setara Institute Tugu selamat datang Kota Depok. (Wikimedia/Commons Serenity)

Daftar kota paling toleran dan tidak toleran 2022 di Indonesia telah dirilis SETARA Institute, Kamis (6/4/2023). Dalam daftar itu ada Bekasi dan Depok yang masuk tiga besar.

Laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 merupakan hasil pengukuran yang dilakukan SETARA Institute untuk mempromosikan praktik-praktik toleransi terbaik kota-kota di Indonesia.

Indeks Kota Toleran 2022 merupakan laporan keenam SETARA Institute sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2015. IKT ditujukan untuk memberikan baseline dan status kinerja pemerintah kota dalam mengelola kerukunan, toleransi, wawasan kebangsaan dan inklusi sosial.

Baca Juga: Fakta-fakta Pengobatan Alternatif Ibu Ida Dayak yang Bikin Depok Macet

Dalam laporannya, Setara melibatkan 94 kota dari 98 kota di seluruh Indonesia. Studi ini menetapkan 4 variabel dengan 8 indikator sebagai alat ukur, yaitu regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi sosio-keagamaan.

-
Landmark kota Bekasi. (ist)

 

Hasil studi Setara menyebutkan bahwa kota Singkawang, Kalimantan Barat, menempati posisi pertama yang mendapatkan skor tertinggi sebagai kota paling toleran. Kemudian diikuti Salatiga, Jawa Tengah, dan Bekasi di posisi ketiga.

Baca Juga: Alasan Preman Viral Rusak Apartemen Bekasi karena Adik Diganggu, Polisi Ungkap Gak Ada

Sementara kota paling tidak toleran, Setara dalam laporannya menyatakan bahwa Cilegon, Banten menjadi kota paling tidak toleran, disusul Depok, Jawa Barat, serta Padang, Sumatera Barat.

Berikut kota paling toleran dan tidak toleran 2022 di Indonesia versi Setara Institute:

Paling Toleran:

1. Singkawang
2. Salatiga
3. Bekasi
4. Surakarta
5. Kediri
6. Sukabumi
7. Semarang
8. Manado
9. Kupang
10. Magelang

Paling Tidak Toleran:

1. Cilegon
2. Depok
3. Padang
4. Sabang
5. Mataram
6. Banda Aceh
7. Medan
8. Pariaman
9. Lhokseumawe
10. Prabumulih

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X