DLHK Klarifikasi Isu Darurat Polusi Udara di Depok

- Senin, 22 Juli 2019 | 11:55 WIB
Ilustrasi polusi udara di Depok (ANTARA/Yulius Satria Wijaya).
Ilustrasi polusi udara di Depok (ANTARA/Yulius Satria Wijaya).

Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengklaim Depok masih memiliki udara yang aman dan tidak mengganggu kesehatan manusia serta hewan.

Pernyataan itu dikatakan Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Penataan Lingkungan (P3L) DLHK kota Depok, Bambang Supoyo. Bambang buka suara sebagai respons atas pantuan AQI modeled using satelite data yang digunakan akun Instagram @koalisipejalankaki, Rabu (17/7/2019) pagi lalu. 

Ketika itu, AQI (indikator kualitas udara) Depok menyentuh angka 170, yang diklaim tidak sehat oleh akun @koalisipejalankaki. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Koalisi Pejalan Kaki (@koalisipejalankaki) on

"Kategori Ispu (standar pencemaran udara) Depok masih 11, artinya itu baik. Tidak memberikan dampak bagi kesehatan manusia atau hewan," kata Bambang. 

Adapun Kasi Penataan Lingkungan DLHK Depok, Diah Pusporini, menunjukkan data Ispu yang dimiliki pihaknya. Saat ini polusi udara masih belum menjangkit Depok

Diah pun belum bisa memastikan kebenaran alat yang dipakai koalisi pejalan kaki untuk mengukur kualitas udara di Depok. "Using satelite itu alatnya indoor, cara kerjanya seperti apa, kevalidannya seperti apa kami tidak tahu."

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X