Sesuai Arahan Jokowi, Mas Menteri Nadiem Keluarkan Kebijakan Ini
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. (Antara/Indriarto Eko Suwarso)
News

Sesuai Arahan Jokowi, Mas Menteri Nadiem Keluarkan Kebijakan Ini

Ada empat program pokok.

Rabu, 11 Desember 2019 10:41 WIB 11 Desember 2019, 10:41 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengumumkan empat program pokok dalam kebijakan pendidikan 'Merdeka Belajar'. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Empat program pokok tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

"Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/12).

Terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. 

Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. 

Sedangkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), Kemendikbud tetap menggunakan sistem zonasi dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah. 

Komposisi PPDB jalur zonasi dapat menerima siswa minimal 50 persen, jalur afirmasi minimal 15 persen, dan jalur perpindahan maksimal 5 persen. Sedangkan untuk jalur prestasi atau sisa 0-30 persen lainnya disesuaikan dengan kondisi daerah.

"Daerah berwenang menentukan proporsi final dan menetapkan wilayah zonasi," tegas Nadiem.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Wirawan Kusuma
Nani Suherni

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU