Kasus Pertama Virus Corona di Korea Utara, Kim Jong Un Umumkan Keadaan Darurat

- Minggu, 26 Juli 2020 | 13:30 WIB
Ilustrasi sample virus corona. (freepik)
Ilustrasi sample virus corona. (freepik)

Kasus virus corona di dunia terus bertambah. Hari ini, Minggu (26/7/2020) dikabarkan terdapat 16.046.986 orang yang terinfeksi di seluruh dunia, data yang dihimpun dari John Hopkins University.

Di saat semua negara menghadapi mimpi buruk virus corona. Korea Utara sempat mengklaim wilayahnya bebas Covid-19.

Mendadak, negara yang dipimpin Kim Jong Un itu mengumumkan terdapat kasus virus corona di negaranya, diwartakan The Guardian. Orang yang dicurigai memiliki Covid-19 kembali dari Korea Selatan setelah secara ilegal melintasi perbatasan bulan ini.

Jika dikonfirmasi, hal ini menjadi kasus pertama virus corona yang secara resmi diakui oleh otoritas Korea Utara. Kim Jong Un langsung mengeluarkan kondisi darurat.

"Situasi darurat di mana virus ganas dapat dikatakan telah memasuki negara ini", kantor berita Korea Utara, KCNA melaporkan.

-
Pemerintah Korea Utara Kim Jong Un. (KCNA via Reuters)

Kondisi Darurat

Orang yang diduga membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu kembali melintasi perbatasan berbenteng yang membagi kedua Korea dengan gejala yang disarankan Covid-19.

"Sebuah peristiwa darurat terjadi di kota Kaesong di mana seorang pelarian yang pergi ke Korea Selatan tiga tahun lalu kembali pada 19 Juli 2020. Dia terinfeksi virus ganas setelah secara ilegal melewati garis demarkasi," kata KCNA.

Korea Utara telah menerima ribuan alat uji virus corona dari Rusia dan negara lain, dan memberlakukan penutupan perbatasan yang ketat. Ribuan orang di negara rahasia itu dikarantina, tetapi pembatasan baru-baru ini mereda.

Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara juga meningkatkan kampanye yang mengkritik pembelot ke Korea Selatan sebagai "sampah manusia". Selain itu, juga menyerukan Korea Selatan untuk menindak kelompok yang mengirim pesan propaganda dan bantuan makanan ke Korea Utara.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X