The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kartunis Swedia yang Hina Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan Saat Diancam Dibunuh
Kartunis Lars Vilks dilaporkan tewas kecelakaan di Swedia. (Foto/Remonews)
News

Kartunis Swedia yang Hina Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan Saat Diancam Dibunuh

Senin, 04 Oktober 2021 18:08 WIB 04 Oktober 2021, 18:08 WIB

INDOZONE.ID - Banyak dikecam bahkan dapat ancaman pembunuhan karena membuat sketsa melecehkan Nabi Muhammad, Kartunis Swedia dilaporkan tewas akibat kecelakaan.

Berdasarkan laporan media lokal, Lars Vilks bepergian dengan kendaraan polisi sipil sebelum bertabrakan dengan sebuah truk di dekat kota Markaryd di Swedia selatan, Senin (4/10/2021).

Dua petugas polisi juga tewas dan sopir truk terluka.

Seperti yang dikutip dari BBC, kartunis Vilks, 75, selama ini hidup di bawah perlindungan polisi setelah menjadi sasaran ancaman pembunuhan atas kartun Nabi Muhammad yang dibuatnya.

Kartun Vilks menggambar kepala Nabi Muhammad di tubuh seekor anjing diterbitkan pada 2007 banyak menyinggung umat Islam yang menganggap representasi visual Nabi sebagai penghujatan.

Kecelakaan itu terjadi setahun setelah surat kabar Denmark menerbitkan kartun Nabi Muhammad.

Polisi belum mengungkapkan identitas mereka yang tewas dalam insiden hari Minggu, tetapi rekan Vilks mengonfirmasi kematiannya kepada surat kabar Dagens Nyheter.

Sebuah pernyataan dari polisi mengatakan masih belum jelas bagaimana tabrakan itu terjadi tetapi pada awalnya tidak ada yang menunjukkan bahwa ada orang lain yang terlibat.

Kemarahan atas karikatur

Dikethaui Vilks berada di bawah perlindungan polisi sejak karikatur Nabi Muhammad pada 2007 yang memicu kemarahan di kalangan umat Islam.

Karikarturnya dianggap sebagai hujatan terhadap penggambaran Nabi Muhammad.

Bahkan Al Qaeda saat itu berani menawarkan hadiah $100.000 atau Rp1,4 miliar untuk pembunuhan Vilks.

Karkartur Vilks saat itu sempat memicu gesekan diplomatik antara Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt dengan duta besar dari beberapa negara Muslim.

Pada 2015 sempat Vilks selamat dari serangan senjata di sebuah konferensi kebebasan berbicara di Kopenhagen yang menyebabkan seorang sutradara film Denmark tewas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US