Pluto Kembali Dideklarasikan Sebagai Planet di Tata Surya

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 18:36 WIB
(photo/NASA)
(photo/NASA)

Jim Bridenstine, pimpinan NASA merasa yakin bahwa Pluto adalah sebuah planet. Untuk diketahui, status Pluto sebagai planet telah dicabut 13 tahun silam. Pluto dikeluarkan dari susunan Tata Surya pada Agustus 2006.

"Sekadar informasi, menurut pandangan saya Pluto adalah sebuah planet dan Anda boleh menulis bahwa administrator NASA mendeklarasikan Pluto sebagai sebuah planet lagi," kata Bridenstine.

"Saya bersikeras mengenai hal tersebut. Seperti itulah yang saya pelajari dulu dan saya masih tegas berpandangan sama seperti itu," tuturnya, sebagaimana dilansir Cnet.

 

 

Sebelumnya, pencabutan status pluto sebagai planet dilakukan oleh  International Astronomical Union (IAU) -- organisasi yang berisikan kelompok ahli astronomi dunia pada Agustus 2006.

Ketika itu IAU memperketat definisi planet. Pluto kemudian dianggap tak memenuhi syarat sehingga dianggap sebagai 'planet kerdil'.

Sementara itu, ada sejumlah pihak yang yakin keberadaan Pluto sebagai planet. Tahun lalu, ada sebuah argumentasi mengenai Pluto adalah planet.

Argumen itu datang dari Philip Metzger, ilmuwan University of Central Florida. Ia menilai kriteria planet IAU keliru.

Pernyataan Bridenstine mengenai Pluto ini menjadi sorotan sejumlah media. Khususnya mengenai Bridenstine yang sama sekali tak punya latar belakang sains untuk pernyataannya tersebut.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X