NASA Temukan Planet Baru dengan Tiga Matahari

- Senin, 29 Juli 2019 | 10:53 WIB
photo/NASA/JPL-Caltech
photo/NASA/JPL-Caltech

Belum lama ini, Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan sebuah planet baru dengan tiga matahari. Planet ini diberi nama kode LTT 1445Ab. Para ilmuwan yang mengetahui kabar itu menyebutkan bahwa planet dengan tiga matahari itu kemungkinan menjadi tempat kehidupan lain di luar Bumi.

Menurut hasil temuan NASA, planet LTT 1445Ab tersebut berjarak sekitar 22,5 tahun cahaya dengan Bumi dan ditemukan dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA.

Ukuran planet tersebut diperkirakan sepertiga lebih besar dari ukuran Bumi dengan berat massa sekitar delapan kali dari massa planet Bumi. Suhu di planet baru itu diketahui sekitar 320 derajat Fahrenheit.

"Jika Anda berdiri di permukaan planet itu, ada tiga Matahari di langit, tetapi dua di antaranya cukup jauh dan terlihat kecil," kata co-author penelitian Jennifer Winters, Senin (29/7), dikutip dari New Scientist.

"Mereka seperti dua mata merah, tidak menyenangkan di langit," lanjutnya.

Para peneliti mengatakan, karena kedekatannya dengan Bumi, LTT 1445Ab dapat digunakan untuk mencari tanda-tanda potensial kehidupan alien. Selanjutnya, dikatakan bahwa planet ini berpotensi memiliki atmosfer.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X