Terparah Sepanjang Sejarah, Banjir di Tambakromo Luluh Lantahkan Rumah Warga Pati!

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:29 WIB
Banjir di Pati, Jawa Tengah. (Z Creators/Hesty Nuraziza)
Banjir di Pati, Jawa Tengah. (Z Creators/Hesty Nuraziza)

Hujan deras yang melanda Kabupaten Pati, Jawa Tengah beberapa hari terakhir mengakibatkan bencana banjir di sejumlah wilayah. Salah satu lokasi yang paling terdampak yakni Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo. 

Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat mengatakan, sebelumnya wilayah tersebut telah diterjang banjir bandang sebanyak tiga kali.  Namun menurutnya, banjir yang melanda pada Rabu, 30 November 2022 kemarin merupakan yang terparah sepanjang sejarah. 

"Kejadian banjir tadi malam itu cukup berbeda dibanding dengan yang terjadi sebelumnya. Perlu diketahui, mulai 15 November kemarin wilayah kami sudah ada banjir bandang dengan ketinggian 1,5 meter lebih. Ini yang keempat kalinya dan yang paling parah. Ketinggian mencapai 2-2,5 meter," terangnya. 

-
Banjir parah terjadi di Pati, Jawa Tengah. (Z Creators/Hesty Nuraziza)

Debit air yang besar juga mengakibatkan rumah-rumah di kawasan tersebut luluh lantah tak terselamatkan. Tercatat, lebih dari 600 rumah warga rusak. Tiga diantaranya roboh total, 212 rumah rusak sedang, dan sisanya rusak ringan. 

Sementara itu, sebanyak 200 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal mereka. Akibatnya, warga terpaksa mengungsi di tempat yang lebih aman.

Mirza menambahkan, pihaknya cukup kewalahan dalam mengevakuasi korban banjir. Sehingga satu orang tak terselamatkan karena tak mampu menyelamatkan diri dari terjangan air bah. 

"Debit air yang datang sangat cepat. Jadi, satu orang meninggal dunia di dalam rumah. Kebetulan punya penyakit bawaan. Dan satu lagi tadi pagi meninggal di rumah sakit karena hipotermia," lanjutnya. 

-
Rumah warga Pati rusak akibat banjir. (Z Creators/Hesty Nuraziza)

Ia pun meminta perhatian kepada seluruh pihak. Pasalnya, korban di pengungsian saat ini kekurangan bahan makanan serta pakaian akibat rumah mereka yang masih terendam banjir. 

"Yang dibutuhkan warga sekarang yakni bahan baku seperti beras, gula, makanan cepat saji, makanan pendamping ASI. Ada juga pakaian, dan kami harap segera ada bantuan untuk renovasi rumah warga," tutupnya.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X