Antisipasi Perang Sarung Selama Ramadan, Polres dan Pemkab Cianjur Bentuk Tim Khusus!

- Jumat, 24 Maret 2023 | 11:02 WIB
Ilustrasi perang sarung (Instagram/@memomedsos)
Ilustrasi perang sarung (Instagram/@memomedsos)

Pemeritah menetapkan bulan ramadan 1444 H dimulai sejak Kamis 23 Maret 2023. Demi menjaga keamanan selama bulan suci umat Islam ini, Polres dan Pemkab Cianjur pun membentuk tim khusus untuk mengantisipasi perang sarung di sejumlah wilayah.

Sebagaimana diketahui, perang sarung kerap terjadi di bulan ramadan yang tak jarang pula memakan korban. Oleh sebab itu, tim khusus ini dibentuk.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, mengatakan bulan puasa tahun lalu, pihaknya sempat mengamankan sejumlah anak-anak dan remaja yang terlibat perang sarung antar desa, di dalam sarung terikat batu yang dapat melukai korban.

-
Kapolres Cianjur, Jawa Barat AKBP Doni Hermawan (ANTARA FOTO/Ahmad Fikri)

Baca Juga: Sambut Ramadan, Ini 5 Tips Jitu Jualan Kuliner Online Agar Makin Laris Manis

"Untuk mengantisipasi hal serupa, kami sudah meminta jajaran Polsek untuk melakukan patroli rutin ke sejumlah titik yang dinilai rawan terjadi perang sarung. Kami juga bersama Pemkab Cianjur, membentuk tim khusus untuk melakukan patroli serupa," kata Doni, INDOZONE melansir dari ANTARA, Jumat (24/3/2023).

Doni menuturkan, tidak hanya antisipasi perang sarung, tim khusus yang akan melakukan patroli secara acak, akan memantau dan mengawasi penyakit masyarakat yang dapat mengganggu kegiatan warga dalam menjalankan ibadah puasa, seperti peredaran miras, petasan dan aksi kriminalitas.

"Kami akan sebar anggota untuk memberikan rasa aman, nyaman dan khusus bagi warga selama menjalankan ibadah puasa, tanpa ada gangguan keamanan dan ketertiban. Kami juga mengimbau warga untuk melapor jika mendapati hal yang mencurigakan dan tidak main hakim sendiri," ungkap Doni.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sudah mengeluarkan imbauan dan surat edaran terkait larangan selama bulan puasa yang tidak boleh dilakukan warga.

"Kami sudah layangkan surat larangan yang disebar melalui kecamatan dan langsung pada pelaku usaha agar dipatuhi. Bagi yang melanggar sanksi tegas akan dikenakan untuk pelaku usaha sanksinya pencabutan izin," kata Herman.

Tim Khusus Patroli ke Sejumlah Titik di Cianjur

Sementara itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga selama menjalankan ibadah puasa, ungkap Herman, pihaknya bersama Polres Cianjur membentuk tim khusus untuk melakukan patroli selama bulan puasa ke sejumlah titik yang dinilai rawan terjadi pelanggaran.

Baca Juga: Polres Cianjur Tingkatkan Patroli Hingga Pelosok Antisipasi Anak Remaja Perang Sarung

"Kami meminta warga mematuhi semua larangan yang sudah dikeluarkan, sehingga warga lebih fokus menjalankan ibadah selama bulan puasa hingga lebaran nanti." ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X