Jakarta Darurat Polusi Udara, Anies Baswedan Cari Kambing Hitam

- Selasa, 30 Juli 2019 | 09:20 WIB
(ANTARA/Fauzi Lamboka).
(ANTARA/Fauzi Lamboka).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menuding aktivitas kendaraan berat dalam proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) menyebabkan tingginya polusi udara di wilayah Jakarta, khususnya daerah selatan. 

Anies menganggap padatnya aktivitas kendaraan berat membuat udara menjadi buruk pada pagi harinya. 

"Salah satu kecurigaan, nanti kami ingin bicara dengan pengelola jalan tol, adalah di jalur-jalur JORR dan sekitarnya, pada malam hari itu justru terjadi kepadatan kendaraan-kendaraan berat yang volumenya cukup besar," ujar Anies. 

Anies menegaskan para kendaraan yang melintasi Tol JORR wajib memenuhi ambang batas emisi gas buang. Mantan Menteri Pendidikan itu bakal menerapkan regulasi tersebut dalam waktu dekat agar polusi udara Jakarta segera teratasi. 

"Nanti kami akan pastikan kendaraan-kendaraan berat yang memasuki wilayah JORR itu mereka memenuhi standar emisi sehingga tidak menimbulkan masalah, sesegera mungkin," ujar Anies. 

-
Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Senin (29/7/2019). (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso).

Berdasarkand data dari Air Visual per Selasa (30/7/2019) pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara Jakarta mendapatkan nilai 189 yang artinya berkategori tidak sehat. 

Angka tersebut bisa membahayakan masyarakat karena meningkatkan gangguan pada jantung serta paru-paru.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X