Viral Penampakan Hiu Langka Berwajah Babi, Bikin Pelaut yang Menangkap Kaget

- Sabtu, 11 September 2021 | 22:00 WIB
 Potret Hiu bermuka babi yang langka ditemukan dan ditangkap Angkatan Laut Italia. (photo/Newsflash Via Daily Star)
Potret Hiu bermuka babi yang langka ditemukan dan ditangkap Angkatan Laut Italia. (photo/Newsflash Via Daily Star)

Belakangan ini viral penampakan seekor hiu bermuka babi ditemukan dan telah ditangkap oleh Angkatan Laut (AL) Italia.  Sekelompok pelaut Italia pun terkejut dan bingung setelah mereka menemukan makhluk laut itu.

Hiu yang memliki wajah tak biasa itu tterlihat mengambang di atas air dan ditemukan oleh awak kapal angkatan laut yang sedang berlabuh di Darsena Medicea, yang terletak di kota Portoferraio, pulau Elba, Italia.

Awalnya mereka kaget, beberapa saat kemudian, hewan laut yang ditangkap pada 19 agustus itu, merupakan seekor hiu yang langka.

Dilansir dari Daily Star (11/9),  hewan tersebut adalah Hiu Kasar Angular atau Oxynotus centrina, yang sangat langka. Hiu tersebut biasanya menghuni kedalaman laut 700 meter di bawah ombak.

Baca juga: AS Peringati 20 Tahun Serangan 9/11, Biden Kunjungi Tiga Lokasi Serangan Sekaligus

-
Potret Hiu bermuka babi yang langka ditemukan dan ditangkap Angkatan Laut Italia. (photo/Newsflash Via Daily Star)

Untuk diketahui, Oxynotus centrina saat ini terdaftar sebagai hewan terancam punah oleh International Union for the Conservation of Nature (IUCN).

Warga setempat menyebutkan, hewan yang terkadang disebut sebagai Hiu Muka Babi itu,  terkadang masih muncul ke permukaan meski terancam punah.

Saat ini hiu bermuka babi itu kemudian dibawa ke kantor pelabuhan untuk dipelajari.

Penemuan hiu yang disebut 'aneh' itu menjadi viral setelah foto-foto hiu tersebut dibagikan di media sosial, dan mendapatkan beragam komentar dari netizen.

“Ia dipanggil ikan babi karena ketika keluar dari air, ia mengeluarkan semacam gerutuan,” ujar warga bernama Yuri dari Akuarium Elba.

“Laut di kepulauan Tuscany memang kaya akan keanekaragaman hayati, maka menemukan ikan ini tidaklah jarang. Saya juga bisa mengatakan sering menerima laporan tentang ikan itu yang terkadang berakhir di jaring ikan nelayan lokal,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X