Alasan Formula E Digelar di Ancol, Ikonik Kota Jakarta dan Tak Ganggu Fasilitas Umum

- Rabu, 22 Desember 2021 | 10:49 WIB
Konferensi press Formula E yang akan digelar di Ancol. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Konferensi press Formula E yang akan digelar di Ancol. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Panitia dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah mengumumkan lokasi penyelenggaran ajang balapan Formula E, yang rencananya akan diadakan pada Juni 2022 mendatang. Panita menetapkan ajang balap mobil listrik tersebut digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara. 

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni mengatakan, terdapat beberapa hal yang menjadi alasan pemilihan Ancol sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan balap mobil listrik bertaraf internasional tersebut. 

"Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami adalah venue yang ikonik, yang khas Jakarta, namun juga sesuai dengan standar FEO dan FIA. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum," ucapnya, Rabu (22/12/2021). 

"Seperti kita ketahui, jika diadakan di area Gelora Bung Karno maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan hal itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas,” kata Sahroni. 

Selain itu, Sahroni menyebut jenis jalan yang dimiliki Ancol sangat mirip dengan spesifikasi sirkuit untuk Formula E dari FEO dan FIA. Rencananya, sirkuit akan selesai pada April 2022 mendatang. 

Baca juga: Resmi Diumumkan, Formula E akan Digelar di Ancol

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat," katanya menerangkan. 

"Selanjutnya untuk paddock, stage, dan grandstand, sifatnya semi permanen, sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang,” ucap Sahroni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X