27 WNA Baru Kena Virus Korona di Tiongkok, Dubes RI: Tidak Ada WNI

- Selasa, 11 Februari 2020 | 11:26 WIB
Ilustrasi Petugas medis memeriksa pasien virus korona di ruang isolasi (China Daily)
Ilustrasi Petugas medis memeriksa pasien virus korona di ruang isolasi (China Daily)

Beberapa hari kemarin diketahui bahwa ada 27 WNA yang ikut terinfeksi virus tersebut, tiga di antaranya telah meninggalkan rumah sakit karena dianggap sembuh dan sampai saat ini masih sisa 22 orang dalam perawatan.

"Kami sudah mengecek kepada pihak yang berkompeten. Hingga 10 Februari pukul 08.00 (07.00 WIB), sebanyak 27 warga negara asing di Tiongkok yang didiagnosis 2019-nCoV," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang.

Dubes RI di Tiongkok angkat bicara dan memastikan warga negara Indonesia di Tiongkok tidak masuk dalam daftar 27 orang WNA yang diumumkan kena virus korona. 

"Dua WNA lainnya meninggal dunia di Wuhan. Satu orang Tionghoa-Amerika yang meninggal pada Kamis (6/2) dan seorang lainnya warga Jepang yang meninggal pada Sabtu (8/2)," ujar Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, Selasa (11/2/2020) mengutip Antara.

Pemeritah Tiongkok diketahui sudah mengirimkan surat duka cita kepada pemerintah AS dan pemerintah Jepang atas meninggalnya dua WNA tersebut.

Pihak Kedutaan Besar RI di Beijing menyebutkan bahwa di Provinsi Hubei yang merupakan awal berjangkitnya virus mematikan itu terdapat tujuh WNI.

Djauhari memastikan di beberapa daerah selain Provinsi Hubei terdapat sekitar 1.800 WNI dan tdak ada yang terinfeksi 2019-nCoV.

"Kami selalu pantau terus kondisi mereka. Khusus untuk di Wuhan, hampir setiap hari saya 'video call'," ujarnya.

Di tengah merebaknya wabah tersebut, Presiden China Xi Jinping melakukan inspeksi ke permukiman warga di Distrik Chaoyang, Beijing, Senin (10/2).

Kepada petugas medis, Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) itu mengingatkan pentingnya peningkatan diagnosis, perencanaan perawatan yang tepat untuk menyelamatkan pasien, dan perlindungan diri yang baik dalam menangani pasien.

Xi yang saat itu memakai masker juga menyampaikan ucapan belasungkawa kepada pasien 2019-nCoV yang telah meninggal dunia dan simpatinya kepada keluarga yang ditinggalkannya.

"Wuhan adalah kota pahlawan. Masyarakat Hubei dan Wuhan juga pahlawan dalam mengatasi kesulitan dan marabahaya," ujarnya seraya menyampaikan keyakinannya bahwa Tiongkok akan menang melawan pandemi virus korona tersebut. 

 

Artikel Menarik Lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X