Tepis Wacana Presiden Tiga Periode, Jokowi Tegaskan Pemilu 2024 Digelar 14 Februari

- Minggu, 10 April 2022 | 20:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pelaksanaan Pemilu 2024 akan digelar sesuai dengan jadwal yakni di tanggal 14 Februari 2024. 

Presiden Jokowi berujar seluruh tahapan hingga jadwal Pemilu dan Pilkada sudah disepakati. Sehingga ditegaskannya akan dilaksanakan dan harus diinformasikan agar tidak isu penundaan hingga jabatan 3 periode.

“Saya kira sudah jelas dan semua sudah tahu, pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan jangan sampai nanti muncul spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan tiga periode,” kata Jokowi sebagaimana dilihat YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/4/2022).

Dikatakan Jokowi, tahapan Pemilu sendiri akan dimulai pada bulan Juni 2022 mendatang. Hal ini sebagaimana yang ada di dalam ketentuan di dalam Undang-Undang.

“Dijelaskan sekalian tahapan pemilu itu sudah dimulai nanti bulan Juni 2022, di pertengahan Juni 2022 dimulai karena ketentuan UU 20 bulan sebelum pemungutan suara,” tuturnya.

BACA JUGA: Jokowi Larang Menteri Bahas Perpanjangan Jabatan Presiden, Airlangga: Saya Rasa Itu Jelas

Maka dari itu Kepala Negara kembali menegaskan apabila Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 tetap dijalankan sesuai dengan jadwal.

“Karena jelas kita sepakat pemilu dilaksanakan 14 Februari dan pilkada dilaksanakan November 2024 sudah jelas semuanya,” tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X