Putri Presiden Filipina Mencalonkan diri Sebagai Wakil Presiden pada Pemilihan 2022`

- Sabtu, 13 November 2021 | 16:14 WIB
Walikota Davao City Sara Duterte - Carpio (kiri) dan Gubernur Ilocos Norte Imee Marcos (kanan).  (REUTERS/ Czeasar Dance)
Walikota Davao City Sara Duterte - Carpio (kiri) dan Gubernur Ilocos Norte Imee Marcos (kanan). (REUTERS/ Czeasar Dance)

Sara Duterte-Carpio, putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, pada hari Sabtu mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan Mei 2022.

Dilansir Xinhua, Carpio (43) mengirimkan wakilnya ke Komisi Pemilihan Umum untuk mengajukan pencalonannya sebagai calon wakil presiden pengganti di bawah Lakas-Kristen Muslim Demokrat (Lakas-CMD) yang ia ikuti awal pekan ini.

Carpio akan menjadi pasangan calon presiden mantan Senator Ferdinand Marcos Jr., putra mantan Presiden Ferdinand Marcos.

Partai Marcos Partido Federal ng Pilipinas mengadopsi dan mendukung Carpio sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan tahun depan.

Baca juga: Putra Mantan Pemimpin Diktator Filipina Mencalonkan diri Sebagai Presiden

Badan pemungutan suara mengizinkan penggantian kandidat untuk pemilihan 2022 hingga 15 November. Berdasarkan aturan, penggantian diterima jika seorang kandidat meninggal, mengundurkan diri, atau didiskualifikasi oleh badan pemungutan suara.

Carpio, walikota kota kelahiran Duterte, Davao City, adalah pilihan utama untuk presiden dalam pemilihan 2022, menurut beberapa survei.

Sebuah survei nasional oleh  Pulse Asia yang dilakukan dari 6-11 September menunjukkan bahwa 20 persen dari 2.400 orang dewasa Filipina berusia 18 tahun ke atas menyatakan dukungan untuk Carpio sebagai calon presiden.

Sebelumnya, Carpio mengatakan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden, dia justru akan mencalonkan diri kembali sebagai walikota Kota Davao. Namun, tawaran walikotanya dibatalkan minggu ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X