Kurangnya Armada, Ratusan Ton Sampah Tak Terangkut ke TPA

- Selasa, 6 Agustus 2019 | 14:40 WIB
Ilustrasi/Pexels/kelly lacy
Ilustrasi/Pexels/kelly lacy

Sebagian besar sampah warga Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu belum bisa terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah karena pemerintah daerah tidak memiliki cukup armada pengangkut sampah.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Darmadi, mengatakan sampah yang dihasilkan di seluruh wilayah Kabupaten Mukomuko sampai 120 ton per hari.

"Kami punya dua truk amrol, kendaraan penarik kontainer sampah, dan dua truk sampah. Kendaraan hanya mampu mengangkut sebanyak 18 ton sampah per hari di wilayah kecamatan Kota Mukomuko dan 21 ton sampah per minggu di sejumlah kecamatan," katanya di Mukomuko, Selasa (6/8/2019).

Selain tidak memiliki cukup kendaraan pengangkut sampah, Dinas Lingkungan Hidup juga belum memiliki bak penampung sementara sampah di kawasan permukiman dalam jumlah memadai.

Untuk itu ia mengimbau warga dan pedagang disiplin dalam menaruh sampah pada tempat penampungan sementara yang tersedia sebelum diangkut ke TPA yang berada di wilayah satuan permukiman tiga Desa Selagan Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko. 

Imbauan itu disampaikan lantaran dalam beberapa pekan terakhir petugas sampah mendapati sampah berserakan di lahan-lahan kosong sekitar Jalan Lintas Sumatera mulai dari Air Punggur Kecamatan Air Dikit hingga ke Kecamatan Ipuh.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X