Polisi Inggris Masih Cari Maling Toilet Emas di Istana Blenheim

- Rabu, 18 September 2019 | 19:05 WIB
Toilet emas karya Maurizio Cattelan yang dicuri, Sabtu (14/9). (BBC)
Toilet emas karya Maurizio Cattelan yang dicuri, Sabtu (14/9). (BBC)

Kepolisian Inggis mengamankan dua orang yang diduga bagian dari komplotan pencurian toilet emas di Istana Blenheim.

Keduanya yakni pria berumur 36 tahun dari Cheltenham dan pria berumur 66 tahun. Kepolisian setempat meyakini keduanya bagian dari komplotan maling toilet emas murni 18 karat yang pernah dipajang di Guggenheim Museum New York, Amerika Serikat.

"Kami percaya sekelompok pelaku menggunakan sedikitnya dua kendaraan saat bertindak," kata Inspektur Detektif Jess Milne beberapa waktu lalu, dikutip dari BBC.

Saat ini kepolisian telah membebaskan keduannya sambil menunggu penyelidikan lebi jauh. Meski, diduga menjadi bagian dari kelompok pencuri toilet, keduanya dibebaskan dengan sebuah jaminan.

"Karya seni tersebut belum ditemukan kembali saat ini, tapi kami sedang melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menemukannya dan membawa pihak yang bertanggung jawab ke pengadilanl," ujar Jess Milne.

Toilet 18 karat, berjudul "Amerika" itu dibuat oleh seniman Italia Maurizio Cattelan. Toilet itu adalah bagian dari pameran lebih besar dari karya Cattelan di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Istana Blenheim telah berdiri sejak abad ke-18, dan merupakan Situs Warisan Dunia serta tempat kelahiran mantan PM Inggris Sir Winston Churchill. Rumah bersejarah itu ditutup sementara polisi melakukan penyelidikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X