Layaknya Manusia, 4 Hewan Ini Ternyata Juga Bisa Tertawa

- Senin, 26 Agustus 2019 | 15:28 WIB
photo/Unsplash
photo/Unsplash

Seperti halnya manusia, hewan juga memiliki selera humor. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Personality of Social Psychology, mengungkapkan bahwa hewan juga bisa mengekspresikan diri melalui tertawa.

Penyebab tertawanya beragam, namun tawa mereka tidaklah sama dengan jenis tawa yang biasa dilakukan manusia ketika melihat sesuatu yang lucu. Karena pada dasarnya, hewan tidak memiliki kemampuan untuk memproses perasaan atau emosi semacam itu.

Setidaknya, hewan bisa tertawa ketika mereka sedang bermain atau berinteraksi dengan sesamanya. Menurut pendapat ahli saraf, Jaak Panksepp dari Bowling Green State University, beberapa jenis hewan memang bisa tertawa.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (26/8), berikut ini 4 hewan yang ternyata bisa tertawa layaknya manusia:

1. Gorilla

-
photo/Unsplash

Ketua Pengelola Perlindungan Gorila di California, Penny Patterson pernah menggoda seekor gorila bernama Koko. Pada saat itu, Koko merespons tingkah Patterson yang menurutnya lucu dengan mengeluarkan bunyi tawa seperti 'ho ho'.

Beberapa primata lainnya seperti orangutan, kera, dan simpanse juga pernah diuji kemampuan tertawanya dengan menggelitik bagian tubuh mereka.

Seorang psikolog dan pakar evolusi tertawa dari University of Portsmouth Inggris, Marina Davila Ross menduga bahwa kemampuan manusia untuk tertawa diturunkan dari leluhur manusia dan kera yang hidup 10 sampai 16 juta tahun lalu.

2. Lumba-lumba

-
photo/Unsplash

Mamalia laut satu ini memang dikenal memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi daripada hewan lainnya. Hal inilah yang membuat mereka bisa merasakan banyak emosi termasuk rasa lucu. Menurut tim peneliti Swedia yang terdiri dari Blomqvist, Mello, dan Amundin, lumba-lumba akan tertawa ketika sedang bersenang-senang dengan sesamanya. Tawa yang dikeluarkan berupa suara ultrasonik seperti orang menahan tawa.

3. Anjing

-
photo/Unsplash

Rupanya, tertawa merupakan salah satu cara yang dilakukan anjing untuk meredakan kondisi stres yang dialaminya. Studi yang dilakukan International Conference on Environmental Enrichment 2005 mengidentifikasi hal yang membuat anjing tertawa. Ada 3 jenis suara yang diteliti yakni gonggongan, geraman, dan suara terengah-engah. Hasilnya, anjing akan mengeluarkan suara terengah-engah ketika tertawa.

4. Gajah

-
photo/Unsplash

Hewan bertubuh besar dan berbelalai panjang ini termasuk hewan paling suka bermain, termasuk dengan batu dan batang pohon di sekitarnya. Studi yang diungkapkan oleh International Fund fo Animal Welfare (IFAW) menyebutkan bahwa gajah bisa tertawa dengan mengeluarkan bunyi terompet dari belalainya. Ini juga menandakan bahwa ia mengajak bersosialisasi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X