Sedih, Gajah Ini Jadi Sangat Kurus Karena 'Harus Bekerja' Setiap Malam

- Kamis, 15 Agustus 2019 | 10:20 WIB
Save Elephant Foundation
Save Elephant Foundation

Dia adalah Tikiri. Gajah berusia 70 tahun ini dipaksa bekerja di Festival Parahera di Sri Lanka setiap malamnya selama 10 hari berturut-turut. Setiap harinya, di usianya yang sudah renta, ia harus berjalan berkilo-kilo.

Tikiri juga harus merasakan bisingnya kembang api dan terpapar asap. "Tikiri jalan berkilo-kilo meter setiap malam sehingga orang dapat menikmati festival itu. Tidak ada yang bisa melihat badan kurus dengan tulang yang terlihat atau kondisi yang lemah karena tubuhnya ditutup jubah," ungkap Lek Chailert, pendiri yayasan penyelamatan gajah, Save Elephant Foundation.

-
Save Elephant Foundation

Tidak ada pengunjung yang sadar betapa 'tersiksanya' Tikiri harus melakukan pekerjaan tersebut diusianya yang sudah renta. Badannya yang ditutup jubah membuat orang-orang tidak bisa melihat tubuh kurusnya. Bahkan, saat berjalan saja kaki Tikiri harus dirantai.

Cahaya lampu yang menghiasi festival dan aksesori yang menutupi matanya juga membuat orang tidak bisa melihat matanya yang berair. Kisah Tikiri dibagikan yayasan tersebut di akun Facebooknya.

-
Save Elephant Foundation

Banyak yang merasa sedih dan prihatin atas apa yang dialami oleh Tikiri. Netizen pun berinisiatif membuat petisi untuk membantu Tikiri. "Melihat mahkluk cantik ini diperlakukan dan digunakan dengan cara menjijikkan ini menunjukkan bahwa manusia merasa sangat superior. Ini harus dihentikan dan saya akan menulis surat kepada pemerintah Sri Lanka," ujar seorang netizen.

Pendiri Save Elephant Foundation, Chailert pun meminta agar netizen menulis surat kepada pemerintah Sri Lanka untuk membantu Tikiri yang berada di kuil Buddha di kota Kandy tersebut.

"Kita tidak bisa menciptakan dunia damai untuk gajah bila kita menganggap gambar seperti ini (foto Tikiri) dapat diterima," ujar Chailert dalam unggahannya. Unggahan tersebut ia bagikan pada hari Gajah Sedunia Senin (12/8).

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X