Pemerintah Siapkan Tiga Alternatif Pemberangkatan Jemaah Haji 2021

- Jumat, 8 Januari 2021 | 16:30 WIB
Pelaksanaan ibadah Haji 2020 di tengah pandemi virus corona. (Saudi Ministry Media of Saudi via REUTERS)
Pelaksanaan ibadah Haji 2020 di tengah pandemi virus corona. (Saudi Ministry Media of Saudi via REUTERS)

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan tiga alternatif untuk pemberangkatan jemaah haji tahun 2021, di tengah pandemi Covid-19. Hal itu tertuang dalam surat edaran dari Kemenag pusat yang disebarkan ke Kemenag daerah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H M Amin, membenarkan informasi tersebut. Pihaknya sudah menerima surat edaran dari Kemenag pusat untuk disampaikan kepada jemaah haji di NTB.

Amin menjabarkan, tiga alternatif tersebut meliputi pertama, jemaah yang akan diberangkatkan sebanyak 100 persen atau sesuai kuota per tahun. Opsi ini diambil jika kondisi perkembangan Covid-19 selesai dan vaksin tersedia.

Kedua, jemaah yang akan diberangkatkan sebanyak 50 persen, 40 persen atau bahkan 30 persen sesuai dengan ketentuan apabila sudah ada izin dari Pemerintah Arab Saudi. Ketiga, dilakukan penundaan lagi.

"Tiga alternatif itu segera kami informasikan ke jemaah melalui surat edaran agar jemaah tidak terlalu berharap terhadap opsi pertama," katanya di Mataram dilansir dari Antara, Jumat (8/1/2021)..

Amin menegaskan, informasi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 dengan tiga alternatif itu diterima resmi dari Kementerian Agama RI melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Dengan demikian, kepastian pemberangkatan jemaah haji Tahun 2021, belum ada keputusan final karena pandemi Covid-19 masih terjadi," katanya.

Ia berharap agar para jemaah tetap bersabar sembari menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah, dan tetap optimistis terhadap rencana Allah SWT merupakan hal lebih baik.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X