The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wapres Imbau Sampaikan Pendapat & Kritik dengan Cara yang Santun
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)
News

Wapres Imbau Sampaikan Pendapat & Kritik dengan Cara yang Santun

Sabtu, 27 Februari 2021 14:30 WIB 27 Februari 2021, 14:30 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyoroti soal banyaknya ujaran kebencian di media sosial. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat lebih baik lagi dalam mengutarakan pendapat di media sosial.

"Fenomena maraknya ujaran kebencian di masyarakat, terutama di media sosial telah memicu terjadinya konflik antar kelompok atau golongan. Dalam kesempatan kali ini, saya mengimbau agar kita semua dapat lebih bijak dalam menyampaikan pendapat, ide, gagasan," katanya pada Kongres ke-6 Ikatan Alumni Universitas Kristen Indonesia (IKA UKI) Tahun 2021, Sabtu (27/2).

Selain itu, Wapres juga meminta masyarakat agar tak saling menyakiti satu sama lain saat menyampaikan pendapatnya. Kemudian memakai narasi yang sejuk saat memberikan pandangan.

"Dengan cara-cara yang santun tanpa menyakiti seseorang, kelompok, maupun golongan. Gunakanlah narasi-narasi kerukunan, narasi-narasi yang sejuk dan merangkul. Bukan narasi konflik dan kebencian," tuturnya.

Wapres menambahkan, perbedaan pendapat di negara demokrasi seperti Indonesia adalah hal yang wajar. Pro dan kontra suatu masalah, kata Ma'ruf, adalah sebuah keniscayaan.

"Sampaikan kritik dengan cara-cara yang baik dan santun, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir dan juga memicu konflik," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Victor Median
JOIN US
JOIN US