DPR: Pers Jadi Rujukan Pertama Masyarakat

- Minggu, 9 Februari 2020 | 12:57 WIB
Ilustrasi. (Envatoelements/microgen)
Ilustrasi. (Envatoelements/microgen)

Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2020 momentum bagi pers untuk terus menyajikan informasi yang benar, sesuai fakta, dan berimbang. Pers harus jadi rujukan pertama masyarkat mendapatkan informasi  yang benar.

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati menyatakan peran penting ini dijalankan pers di tengah simpang siur informasi media sosial yang cenderung mendominasi kepercayaan publik

"Sebagai contoh saja, di tengah riuhnya info mencemaskan tentang virus korona yang mewabah di dunia, insan pers diharapkan tampil ke depan menjadi rujukan pertama dan utama yang valid," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Minggu, (9/2/2020).

Pers dituntut menyajikan fakta berdasar data dan kritis menyikapinya. Ketika lebih dari 25 negara di dunia dinyatakan positif terinfeksi virus korona sementara Indonesia dengan gagah justru menyatakan tidak ada satupun kasus virus korona di sini, insan pers perlu bersikap kritis.

Mufida juga mengatakan pers perlu mendorong pemerintah lebih terbuka dalam menyampaikan informasi publik. Apalagi, hal ini adalah amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menggarisbawahi bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi.

"Dari pemerintah, kita masih membutuhkan informasi terbuka tentang data BPJS. Berapa sih jumlah peserta per kelas per jenis peserta? Berapa sih biaya operasional? Berapa sih biaya manfaat per kelas ? Insan pers bisa mendorong agar pemerintah terbuka dalam hal ini," katanya.

Politisi PKS itu juga mengapresiasi pers Indonesia yang kini lebih bebas namun tetap bertanggungjawab.

"Saya melihat, pers Indonesia secara umum kini sudah lebih objektif dan memberikan nilai positif melalui berita untuk tujuan mencerdaskan bangsa," tegasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X