KPK Sebut Penelusuran Ketidakwajaran Harta Rafael Alun Masuk Tahap Penyelidikan

- Selasa, 7 Maret 2023 | 09:26 WIB
Rafael Alun Trisambodo (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Rafael Alun Trisambodo (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan menyelidiki mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo, dalam rangka mencari unsur dugaan korupsi. Atas keputusan tersebut, temuan ketidakwajaran harta kekayaan Rafael bakal diusut lewat penyelidikan.

"Baru kemarin sore diputuskan pimpinan, ini masuk lidik. Jadi, udah enggak di pencegahan lagi," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, saat dikonfirmasi, Selasa (7/3/2023).

Sebelumnya, tim Kedeputian Pencegahan KPK telah meminta klarifikasi Rafael soal harta kekayaannya yang tidak sesuai profil jabatan sebagai eselon III di Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Rabu 1 Maret 2023.

-
Rafael Alun Trisambodo (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Siap-siap! KPK Bakal Periksa LHKPN Pegawai Pajak Lain Terkait Rafael Alun Trisambodo

Pahala mengungkapkan, KPK terus mengembangkan ketidakwajaran harta pejabat pajak lainnya. Dia mengaku, sudah mengantongi satu nama rekan Rafael yang juga mempunyai harta tak wajar.

"RAT (Rafael Alun Trisambodo) ada pengembangannya. Salah satunya pemegang saham di perusahaannya, itu sama dengan orang pajak yang lain. Gua terbitin surat tugas pemeriksaan buat orang pajak yang baru," ujar Pahala.

"Nah, pejabat pajaknya angkatan dia (Rafael) juga, sama. Kalau dibilang, itu geng, tuh. Ada, ada banget. Ini angkatan dia juga. Iya, pejabat juga," sambungnya.

Sementara itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya indikasi transaksi janggal yang diduga berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang di rekening Rafael.

Baca Juga: KPK Kantongi Nama Konsultan Pajak yang Diduga Jadi Nominee Rafael Alun Trisambodo

PPATK menyebut, ada peran konsultan pajak sebagai pihak profesional yang mengatur ataupun mengelola uang Rafael.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X