Sukseskan KTT ASEAN, PLN Pasok Listrik Tanpa Kedip hingga Sediakan 108 SPKLU

- Jumat, 12 Mei 2023 | 09:40 WIB
Potret pengisian daya kendaraan listrik di KTT ASEAN (PLN)
Potret pengisian daya kendaraan listrik di KTT ASEAN (PLN)

PT PLN mengklaim berhasil menghadirkan listrik tanpa kedip, selama acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tanggal 9-11 Mei 2023.

Darmawan Prasodjo, selaku Dirut PLN mengatakan, di hari pertama sistem kelistrikan di Labuan Bajo sangat andal dan listrik di lokasi-lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN juga hadir tanpa kedip.

Lebih lanjut, beban puncak kelistrikan di Labuan Bajo pada hari pertama hingga hari kedua sesuai prediksi, dan masih di bawah daya mampu sistem kelistrikan Flores, yaitu 105 megawatt (MW).

Baca juga: Wishnutama, Sosok di Balik Kemeriahan Gala Dinner KTT ASEAN, Meriah Bikin Berdecak Kagum

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bisa turut serta menyukseskan KTT ke-42 ASEAN. Suksesnya acara ini akan membuka mata seluruh dunia bahwa Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah bagi pertemuan penting yang membahas masa depan dunia," ucap Darmawan yang juga berjaga langsung memantau sistem operasional kelistrikan selama KTT ASEAN.

-
Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo tinjau langsung lokasi-lokasi penting di KTT Asean memastikan kesiapsiagaan personel di lapangan untuk sipakan pasokan listrik. (ANTARA/HO-PLN)

Selain pasokan listrik yang andal, Darmawan juga menyebut penggunaan kendaraan listrik selama KTT ASEAN berlangsung sukses.

PLN melayani pengisian daya ratusan kendaraan listrik dari para delegasi, pengamanan, dan operasional KTT ASEAN melalui stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

"Hingga Kamis (11/5) malam, tercatat sudah ada 1.852 kali pengisian kendaraan listrik di SPKLU dengan total daya sebesar 14.639 kilowatt hour (kWh)," bebernya.

Baca juga: Intip! Ini Alat yang Digunakan Polisi Saat Kawal Rombongan KTT ASEAN

Sebelumnya, PLN menyediakan 108 SPKLU untuk menopang penyelenggaraan KTT ASEAN. Jumlah tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan 371 unit kendaraan delegasi dan kebutuhan operasional.

Darmawan mengatakan suksesnya gelaran KTT ASEAN juga berkat kolaborasi antara PLN, Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, TNI-Polri, serta seluruh stakeholder.

"Suksesnya KTT ASEAN tentu saja karena keterlibatan semua pihak yang mendukung PLN hingga mampu memberikan pelayanan listrik terbaik untuk acara ini. Ini adalah capaian bersama dalam mengharumkan nama bangsa," terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X